Rabu, 25 April 2018


Ekspor Migas Jambi Terbanyak ke Singapura


Senin, 19 Maret 2018 | 13:42:16 WIB


/

JAMBI- Ekspor komoditi Minyak bumi dan gas (Migas) Provinsi Jambi terbesar pada bulan ini diekspor ke Singapura senilai 112,53 juta dolar AS.

Kepala BPS Jambi, Dadang Hardiwan di Jambi, Senin, mengatakan nilai ekspor migas Jambi ke Singapura juga terjadi peningkatan dibandingkan sebelumnya yakni dari 103,98 juta dolar AS naik 8,22 persen menjadi 112,53 dolar AS.

Nilai ekspor dari kelompok pertambangan pada Januari 2018 adalah 120,72 juta dolar AS yang didominasi oleh ekspor migas sebesar 112,54 juta dolar AS dan pada bulan itu juga tercatat ekspor batubara sebesar 8,18 juta dolar AS.

Nilai ekspor kelompok pertambangan pada Januari lalu dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya naik sebesar 25,25 persen dan hal ini dipengaruhi naiknya ekspor pertambangan Jambi baik dalam bentuk migas maupun batubara, kata Dadang Hardiwan.

Secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada Januari lalu ke beberapa negara utama mengalami peningkatan. Ekspor Jambi yang mengalami peningkatan adalah ke Singapura, Malaysia, Thailand, Jerman, Perancis, Jepang, Amerika Serikat, India dan Australia.

Sedangkan pergerakan turunnya nilai ekspor dapat diamati ke beberapa negara seperti Inggris, Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan.

Pada Januari 2018 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekspor mengalami peningkatan. Namun demikian, ada beberapa transaksi ekspor ke berbagai negara mengalami penurunan.

"Penurunan terjadi pada ekspor ke Malaysia, Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat, India dan Taiwan," kata Dadang lagi.

Perkembangan ekspor tiga komoditi utama yang diekspor pada Januari 2018, yaitu komoditi migas, komoditi karet dan olahannya serta komoditi pulp dan kertas.

Ekspor terbesar adalah komoditi migas yang pada bulan ini diekspor ke Singapura. Komoditi karet dan olahannya terbanyak diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, dan India.

Sedangkan komoditi pulp dan kertas terbanyak diekspor ke Tiongkok, Inggris dan Taiwan. Ekspor Jambi ke tiga negara utama berdasarkan komoditi yang diekspor pada Januari 2018 dan jumlah ekspor ke tiga negara mencapai 65,76 persen dari total ekspor.

Ekspor terbesar adalah ke negara Singapura sebesar 51,19 persen dengan komoditi utama yaitu komoditi migas, komoditi pinang serta komoditi kopi, rempah dan selanjutnya adalah ekspor ke Tiongkok sebesar 7,53 persen dengan komoditi utama adalah komoditi pulp dan kertas, karet olahan, serta komoditi batubara.

Sedangkan komoditi terbesar yang diekspor ke Amerika Serikat adalah komoditi karet olahan, komoditi kopi rempah, serta komoditi pulp dan kertas.


Penulis:
Editor:


TAGS:


comments