Rabu, 18 Juli 2018

Dua Komputer SMK Veteran Meledak, Siswa SMK Sembilu 2 Tak Boleh Keluar


Rabu, 04 April 2018 | 14:41:24 WIB


Pelaksanaan UNBK SMK
Pelaksanaan UNBK SMK / Jainal Abidin

JAMBI- Hujan lebat yang diserta suara gemuruh Petir yang melanda Kota Jambi akhir- akhir ini rupanya menganggu pelaksanaan UNBK SMK yang saat ini masih berlangsung. Seperti yang dialami SMK Veteran Kota Jambi. Ada 2 unit komputer yang digunakan siswanya saat mengikuti ujian terbakar dan meledak karena tersambar petir.

Kejadian tersebut terjadi pada hari kedua pelaksanaan UNBK 3 April kemarin. Saat pelaksanaan UNBK sesi ketiga dimulai, sempat pelaksanaan UNBK terganggu karena teknisi harus mengganti dengan komputer lain agar siswa bisa mengikuti ujian kembali.Hal ini dibenarkan Kepala SMK Veteran, Gayani Saud saat dikomfirmasi via ponselnya, Rabu (4/4).

"Kejadian komputer meledak karena disambar petir hari kedua pelaksanaan UNBK," katanya. Kendala tersebut tidak berlangsung lama. Ini karena pihaknya melalui teknisi komputer selama pelaksanaan UNBK segera mengganti dengan komputer cadangan yang sebelumnya telah disediakan.

" Sehingga siswa bisa melanjutkan ujian kembali," paparnya.

Sedangkan untuk siswa Kelas XII yang mengikuti UNBK sebanyak 50 orang dengan kesediaan 20 unit komputer dan 4 unit laptop cadangan untuk mengantisipasi kendala seperti yang dialami, dan dibagi 3 sesi pelaksanaan ujian.

Sedangkan pelaksanaan UNBK di SMK Sembilan Lurah (Sembilu) 2 Kota Jambi hingga hari Ketiga pelaksanaan masih berjalan aman dan lancar, tanpa mengalami hambatan atau gangguan.

"Sebanyak 62 dari 3 jurusan dibagi 2 sesi ujian dengan jumlah Komputer 32 unit tiap sesinya," kata Kepala SMK Sembilu 2, Ramli Nur. Kendati demikian, pihaknya tetap menjalankan aturan ujian.

Siswa tidak diperkenankan meninggalkan ruang ujian meskipun sudah menyelesaikan soal ujian dan tetap berada di dalam ruangan hingga waktu berakhir, karena dikhawatirkan dapat menganggu konsentrasi siswa lain yang ingin keluar duluan.

"Kalau izin ke toilet kita persilakan," imbuhnya.

Menurutnya selama pelaksanaan ujian, beberapa siswanya masih ada yang terlambat tiba di sekolah, namun pengawas tetap memperbolehkan mengikuti ujian." Karena faktor cuaca setiap pagi hujan, jadi siswa agak terlambat," ucapnya.

Untuk diketahui, hari ini pelaksanaan hati terakhir UNBK tingkat SMK, dengan mata pelajaran yang diujikan sesuai program keahlian dan jurusan masing- masing.

Jay


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments