Rabu, 18 Juli 2018

44 Pelajar SD Ikuti OSN Tingkat Provinsi


Rabu, 04 April 2018 | 15:14:00 WIB


44 Pelajar SD Ikuti OSN Tingkat Provinsi
44 Pelajar SD Ikuti OSN Tingkat Provinsi / Jainal Abidin

JAMBI- Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Rabu (4/4) kemarin mengelar kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Jambi bidang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika di Shang Ratu Hotel Jambi, yang diikuti 44 pelajar SD dari 11 kabupaten/ kota di Provinsi Jambi.

Ketua Panitia OSN tingkat Provinsi, Hamdani mengatakan, ke-44 pelajar SD tersebut mewakili daerahnya masing- masing yang sebelumnya telah mengikuti penjaringan OSN tingkat kota atau kabupaten dan diutus untuk mengikuti penjaringan OSN tingkat Provinsi yang saat ini sedang berlangsung.

"Mereka dibagi 2 ruangan sesuai bidang mata pelajaran yang dilombakan. Jadi keseluruhan peserta 44 orang," katanya di sela- sela kegiatan.

Dia menjelaskan, peserta OSN diberikan waktu 90 menit untuk menyelesaikan 50 soal yang telah disediakan, tidak diperkenankan melakukan kecurangan seperti
membawa alat bantu seperti kalkulator, HP, dan alat bantu lainnya.

"Kalau ketahuan dapat mengugurkan sebagai peserta dan langsung kita keluarkan," paparnya. Bahkan dia mengungkapkan, soal dibuat oleh pusat, dan pihak Dinas Pendidikan mengambil jelang pelaksanaan berlangsung. "Yang ngoreksi juga pusat, setelah kegiatan OSB berakhir kita kirim ke pusat kembali," sebutnya.
" Hasil baru kita ketahui sebulan setelah pelaksanaan OSN," imbuhnya.

Sebelum mengikuti OSN, peserta OSN sebelumnya selama 5 hari diberikan pengarahan dan pembinaan dari narasumber untuk menyiapkan peserta selama pelaksanaan lomba berlangsung.

Nantinya hasil dari penjaringan tingkat provinsi, Disdik akan menjaring 1 peserta untuk mewakili bidangnya, dan akan mengikuti OSN tingkat nasional mewakili provinsi Jambi, dengan nilai tertinggi. " Tentunya dapat membawa nama harum jambi ke tingkat nasional dan tingkat selanjutnya," ucapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments