Rabu, 18 Juli 2018

Perpisahan SMP-SMA Islam Al Falah Digelar Sederhana


Kamis, 05 April 2018 | 16:22:50 WIB


Kepala sekolah saat menyalami siswa
Kepala sekolah saat menyalami siswa / Jainal Abidin

JAMBI - Meski pelaksanaan Ujian Nasional (UN) belum dimulai, SMP- SMA Islam Al Falah Kota Jambi, Rabu (4/4/2018) kemarin, mengelar perpisahan untuk siswa Kelas IX dan Kelas XII yang akan meninggalkan jenjang pendidikan. Perpisahan ini digelar secara sederhana, dimulai dengan upacara bendera, sekaligus pengarahan dan nasihat dari kepala sekolah.

Acara dilanjutkan salaman di lapangan utama dengan penuh khidmat dan penuh haru. Bahkan beberapa siswa ada yang menangis karena sedih akan meninggalkan sekolah yang sudah membesarkan mereka selama 3 tahun.

Kepala SMP-SMA Islam Al Falah, Syihabuddin mengatakan, kegiatan ini digelar sesederhana mungkin tanpa ruangan dan pendingin gedung yang mewah. Ini dilakukan untuk mengajarkan anak didik hidup sederhana dan tidak melakukan kegiatan yang mubazir.

"Kalau digelar seperti ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Apalagi anak-anak masih banyak butuh biaya untuk pendidikan selanjutnya," ujar Syihabuddin, Kamis (5/4/2018).

Ia menilai, meskipun digelar sederhana namun tidak mengurangi makna dan nilai perpisahan itu sendiri. "Karena tujuan acara perpisahan untuk melepas siswa yang telah menyelesaikan pendidikan," paparnya.

Menurutnya, perpisahan sengaja dilakukan sebelum siswa menghadapi unian agar bisa memberikan pencerahan untuk membuka kesadaran siswa supaya menyiapkan diri menghadapi ujian.

Syihabuddin juga tidak lupa memberikan pesan kepada siswa Kelas XII yang akan menghadapi UN 9 April dan Kelas IX yang akan menghadapi UN 23 April mendatang, untuk menyiapkan diri. "Fokus belajar, menyiapkan fisik dan mental," ujarnya.

Ia juga berharap siswanya menjaga nama baik almamater yang telah menjadi tempat menuntut ilmu, menjaga ilmu agama yang diajarkan guru, dan komitment menjaga hidup sederhana.

Sementara itu, salah satu siswa Kelas IX SMP Islam Al Falah, Desma Fauziah menyebutkan, selama 3 tahun belajar di sekolah ia merasakan suasana yang menyenangkan. Selain ilmu pengetahuan umum, pengetahuan agama juga ia peroleh.

Kebersamaan dengan teman-teman yang sudah lama menghabiskan waktu juga akan menjadi kenangan. Apalagi, tidak lama lagi mereka harus terpisah, karena ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Egi Febriado, siswa Kelas XII lainnya, menyebutkan, sekolah Al Falah berbeda dengan sekolah lain. Selain pengetahuan umum, di sekolah ini juga diajarkan pengetahuan agama Islam.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru yang penuh sabar membimbing saya dan teman-teman,” katanya.

Ia berharap dirinya dan rekan-rekannya diberi kelancaran dalam mengikuti ujian nasional dan diberikan hasil yang memuaskan, serta alumni SMA Islam Al Falah semakin sukses. "Tidak lupa kami berdoa semoga Sekolah semakin maju dan berkembang, baik sarana prasana dan prestasi," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments