Rabu, 18 Juli 2018

Hingga Hari Terakhir, UNBK di SMK 1 Kota Jambi Berjalan Lancar


Kamis, 05 April 2018 | 23:16:49 WIB


Siswa SMK Negeri 1 Kota Jambi berpelukan usai mengikuti UNBK hari terakhir, Kamis (5/4/2018)
Siswa SMK Negeri 1 Kota Jambi berpelukan usai mengikuti UNBK hari terakhir, Kamis (5/4/2018) / Zainal Abidin

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK sudah berakhir, Kamis (5/4/2018). Di SMK Negeri 1 Kota Jambi, UNBK berjalan lancar tanpa kendala yang mengganggu peserta ujian.

Proktor UNBK SMK Negeri 1, Yenni Puspa Dewi menyebutkan jika penyelenggaraan ujian tahun 2017/2018 diikuti 463 siswa Kelas XII dari 4 program keahlian yang masing-masing sudah terdaftar di Dapodik sebagai peserta ujian nasional.

"Empat keahlian itu adalah, TKJ 84 orang, Akutansi 156 orang, Perkantoran 111 orang, Bisnis dan Pemasaran 112 orang," ujarnya.

Untuk menampung semua siswa, pihaknya menyiapkan 175 unit komputer dan laptop hasil koordinasi dengan orangtua siswa. Selain itu, juga disediakan 5 ruangan ujian yang dibagi menjadi 3 sesi pelaksanaan ujian setiap harinya sesuai nomor token yang dimiliki peserta ujian.

Dikatakan Yenni, mata pelajaran dihari keempat atau hari terakhir pelaksanaan ujian berbeda dengan hari pertama hingga hari ketiga. Pada hari terakhir UNBK, mata pelajaran yang diujikan adalah sesuai program keahlian di sekolah. "Kita ujian empat program keahlian berbeda," imbuhnya.

Menurutnya, pada hari pertama ujian, ada gangguan jaringan, karena aplikasi disoal dari pusat terinfeksi virus dan menyebabkan satu ruangan ujian mendadak mati.

Kondisi ini juga dirasakan sejumlah sekolah lain baik di Jambi maupun luar Jambi. Namun demikian, kendala ini tidak menjadi hambatan karena segera diatasi, sehingga siswa tidak mengikuti ujian susulan.

"Satu ruangan yang terkendala kita pindahkan ke ruangan ujian lainnya. Sebab, sejak awal sekolah benar-benar melakukan persiapan, dengan kesiapan teknisi dan proktor untuk masing-masing ruangan," katanya.


Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments