Rabu, 18 Juli 2018

Antisipasi Pemadaman Listrik Saat UNBK, SMA 8 dan SMA 6 Sediakan Genset


Rabu, 11 April 2018 | 22:09:23 WIB


Siswa salah satu sekolah di Kota Jambi saat melaksanakan UNBK
Siswa salah satu sekolah di Kota Jambi saat melaksanakan UNBK / Zainal Abidin

JAMBI -  Mengantisipasi pemadaman listrik selama Ujian Nasional (UN) tingkat SMA yang digelar selama 4 hari, 9-12 April, SMA Negeri 8 dan SMA Negeri 6 Kota Jambi menyediakan genset untuk menyalakan komputer yang digunakan siswa selama mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala SMA Negeri 8, Sugiono mengatakan, genset ini disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Genset yang disiapkan selama penyelenggaraan UN ini, memiliki daya 60 KPA.

"Sekolah sewa genset selama UN, takut kalau PLN padam, kita tidak mau ambil resiko," ujarnya, Rabu (11/04).

Menurutnya, pada tahun lalu, sekolah juga menyiapkan genset selama UNBK. "Namun saat itu genset tidak kita gunakan, karena PLN tidak mengalami pemadaman," paparnya.

Dijelaskannya, peserta yang mengikuti ujian tahun ini, jumlahnya 451 siswa Kelas XII dengan 160 unit komputer di 4 ruangan ujian yang terbagi menjadi 3 sesi. "Sekolah juga menyiapkan 1 ruangan dan 40 unit komputer untuk cadangan," katanya.

Pada hari ketiga UNBK, siswa mengerjakan mata pelajaran Bahasa Inggris dan pelaksanaannya berjalan lancar, tanpa mengalami kendala sehingga siswa bisa mengikuti dengan baik.

Kondisi serupa juga dilakukan SMA Negeri 6 Kota Jambi. Khairil Amri, selaku Kepala SMA Negeri 6 menyebutkan, pihaknya juga menyiapkan genset selama UNBK.

“Kita antisipasi kalau PLN padam, makanya disediakan genset, namun sejauh ini aman," ujarnya.

Disebutkannya, genset akan digunakan apabila PLN sedang melakukan pemadaman, sehingga pelaksanaan ujian nasional yang diikuti sebanyak 416 siswa Kelas XII tidak terganggu.

Menurutnya, pelaksanaan UNBK hingga hari ketiga masih berjalan lancer. Sebanyak 130 unit komputer dan laptop disiapkan di 4 ruangan ujian dengan target hasil ujian yang memuaskan.

Hal senada juga dikatakan Kepala SMA Ferdy Ferry, Jambi Armia Amran. Menurutnya, hingga hari ketiga UNBK, sebanyak 106 siswa masih mengikuti dengan baik. Tahun ini, sekolah menyiapkan 40 unit komputer dengan pelaksanaan 3 sesi.

"Siswa juga tidak ada yang mengeluh, kalaupun dari pantauan di lapangan ada beberapa siswa yang cemas, itu karena mereka kurang persiapan," imbuhnya.

Begitu juga pelaksanaan UNBK di SMA Sembilu 2. Sebanyak 30 siswanya dibagi 2 sesi mengikuti UNBK dengan menggunakan 19 unit komputer dengan masing-masing sesi 15 orang.

"Meskipun baru tahun pertama, Alhamdulillah sejauh ini belum ditemukan kendala," ujar Kepala SMA Sembilu 2, Shobari.

Sementara itu, Kepala SMA Al Azhar Jambi, Ferry Satria mengungkapkan, untuk menampung 29 siswa yang mengikuti UNBK, pihaknya menyiapkan 30 unit komputer termasuk 1 cadangan, sehingga siswa bisa menyelesaikan soal dengan batas waktu yang ditentukan.


Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments