Selasa, 24 April 2018


Sebut Zola Pelaku Utama, Pengacara Minta Saipudin Dibebaskan


Senin, 16 April 2018 | 14:43:02 WIB


Saipudin dan pengacaranya saat menyampaikan pembelaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jambi, Senin (16/4/2018)
Saipudin dan pengacaranya saat menyampaikan pembelaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jambi, Senin (16/4/2018) / Sahrial

JAMBI - Penasehat hukum Saipudin, Mara Johan, menegaskan dalam kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018, kliennya hanya menjalankan tugas atau perintah atasan, yaitu Zumi Zola selaku Gubernur Jambi, yang juga disebutnya sebagai pelaku utama.

"Terdakwa hanya membantu pelaku utama Gubernur Jambi Zumi Zola," kata Mara Johan dalam nota pembelaannya dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jambi, Senin (16/4).

Oleh karena itu, ia tidak sepakat dengan tuntutan JPU KPK dalam Pasal 5 huruf a UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 jo Pasal 55 KUHP.

Mara Johan pun meminta agar majelis hakim yang menyidangkan perkara ini, untuk menyatakan terdakwa Saipudin tidak bersalah dan membebaskan dari seluruh dakwaan dan tuntutan JPU.

"Membebaskan terdakwa dari semua tuntutan. Apabila majelis hakim berpendapat lain mohom putusan seadil-adilnya," kata Mara Johan.

Terhadap nota pembelaan ini, JPU KPK menyatakan tetap pada tuntutannya. "Kami tetap pada tuntutan," ucap salah seorang jaksa KPK.



Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments