Selasa, 24 April 2018


Ini Pembelaan Erwan Malik dalam Sidang OTT Sore Ini


Senin, 16 April 2018 | 18:17:50 WIB


/

JAMBI - Sidang suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018 dengan terdakwa Erwan Malik Cs kembali digelar di Pengadilan Tipikor Jambi, Senin (16) dengan agenda pembacaan nota pembelaan (pledoi).

Salah seorang penasehat hukum terdakwa Erwan Malik saat membacakan nota pembelaan menyatakan, sejak menjalani penyidikan telah mengajukan Justice Colaborator (JC) dan diterima KPK pada 3 Januari 2018.

Dia menjelaskan dalam kesempatan itu, status dan kewenangan plt Sekda berdasarkan mandat Gubernur Jambi, Zumi Zola terbatas.

"Hanya bisa memutuskan beberapa hal yang berkaitan seperti permohonan izin, permohonan mutasi dan beberapa lainnya," sebutnya.

Dia juga menerangkan dalam pledoi untuk Erwan, bahwa tidak benar tuntutan jaksa menyebut bahwa Erwan mau menjalankan tugasnya memberikan uang ketok kepada anggota dewan karena akan dijadikan pejabat definitif.

"Karena terbukti Erwan mengikuti lelang jabatan Sekda," tegasnya.

Dia menegaskan juga, bahwa Erwan terpaksa menerima permintaan anggota dewan soal uang ketok. Namun pemenuhannya dilakukan oleh Arfan dan Saipudin.

"Karena adanya ancaman untuk tidak menghadiri paripurna pengesahan RAPBD Provinsi Jambi maka terpaksa dipenuhi," jelasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments