Senin, 28 Mei 2018


Sekda Kota Jambi Hadiri Pelepasan Siswa SMP 14

Beberapa Siswa Sudah Diterima di Sekolah Favorit

Jumat, 11 Mei 2018 | 11:33:48 WIB


Foto bersama dengan seluruh guru, Sekda Kota Jambi, kepala sekolah dan pegawai SMP Negeri 14
Foto bersama dengan seluruh guru, Sekda Kota Jambi, kepala sekolah dan pegawai SMP Negeri 14 / Jainal Abidin

JAMBI - Pelepasan siswa SMP Negeri 14 Kota Jambi yang digelar di halaman utama sekolah, turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, Budidaya dan sejumlah Kepala SMP di Kota Jambi.

Sebanyak 306 siswa Kelas IX tahun ajaran 2017/2018 dilepas karena telah menyelesaikan pendidikan di bangku SMP dan akan melanjutkan ke jenjang SMA.

Usai pelepasan, Sekda Kota Jambi, Budidaya berpesan, untuk siswa SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA agar memperhatikan pendaftaran sesuai zonasi sekolah dengan rumah.

Sehingga tidak ada lagi siswa yang mendaftar di sekolah yang jauh. Sesuai hasil rapat PPDB pemerintah dan Dinas Pendidikan, 90 persen zonasi, 5 persen prestasi dan 5 persen lagi untuk siswa yang orangtuanya pindah tugas dan siswa tidak mampu. "Kalau SMP 14 yang terdekat adalah SMA 6 Kota Jambi," ungkapnya.

Menurutnya, penerimaan PPDB sesuai regulasi pendaftaran dan aturan yang telah disepakati sebelumnya, agar tidak menimbulkan permasalah seperti pada penerimaan tahun sebelumnya dan tidak memaksakan jumlah siswa yang diterima.

"Sekolah harus transparan kepada orangtua murid, dan kita akan lakukan pengawasan," imbuhnya.

Terkait pendaftar dari luar Kota Jambi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Disdik mengenai mekanisme dan aturan yang akan digunakan, untuk menghindari membludaknya pendaftar yang sekolah di SMA favotit di Kota Jambi.

Kepala SMP Negeri 14, Karim Bonarti menambahkan, dari 306 siswa yang dilepas, beberapa diantaranya sudah diterima di sekolah favorit melalui jalur online dan masih ada yang menunggu penerimaan jenjang menengah. "Satu nama sudah diterima di MAN Cendikia, dan beberapa masih menunggu di SMA TT," ujarnya.

Ia berharap siswa yang belum terjaring di sekolah favorit terus berusaha dan masih banyak pilihan sekolah lain yang memiliki kualitas pendidikan yang baik dan sering memberikan prestasi.

"Yang jelas, harus terus melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah, jangan sampai siswa putus sekolah," harapnya.

Di samping itu Ibon-sapaan akrabnya, di acara pelepasan ini juga menampung bakat-bakat siswa dalam bidang seni kreatifitas yang selama ini telah dilatih guru, dan menjaring siswa untuk mengikuti perlombaan seperti FLS2N dan festival lainnya.

Sementara itu, Pembina OSIS SMP Negeri 14, Ependi menyebutkan, pihaknya mempersiapkan kegiatan pelepasan ini sajak 2 minggu lalu.

‘’Mulai dari pembentukan panitia maupun konsep acara yang diusung, dengan melibatkan guru dan siswa terutama kepengurusan OSIS. Dalam hal ini, guru hanya mendampingi siswa setiap acara," ujarnya.

Ini dilakukan untuk melatih siswa dalam mengelola kegiatan dan acara, sehingga ke depan sudah terbiasa menjadi panitia acara besar yang digelar.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments