Sabtu, 26 Mei 2018


Tak Lunasi BPIH, 165 CJH Jambi Batal Berangkat Tahun Ini


Selasa, 15 Mei 2018 | 11:01:14 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) tinggal beberapa bulan lagi. Saat ini para jamaah sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Total ada 2.899 jamaah yang akan diberangkatkan tahun ini.

Namun dari 2.899 CJH yang seharusnya mendapatkan giliran berangkat tahun ini, ratusan orang dipastikan batal berangkat. Ini karena para jamaah itu tidak melakukan pelunasan BPIH hingga hari terakhir pembayaran dilakukan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jambi Muhammad, membenarkan hal itu. Ia menyebut total ada 165 jamaah yang batal berangkat tahun ini. Jumlah itu menyebar di berbagai kabupaten yang ada di Jambi.

“Sebarnya ada 172 orang yang belum melunasi BPIH hingga hari terakhir pelunasan. Dari 172 itu, tujuh orang menyatakan siap membayar, namun karena kendala jejaring sehingga tidak bisa melakukan pelunasan. Sementara 165 orang lainnya sudah dipastikan batal berangkat,” terangnya, Senin (14/5/2018).

Ia menyebut, ada bermacam-macam alasan mengapa CJH ini tidak melunasi BPIH. Sayangnya, ia tidak merinci apa alasan tersebut.

Meski demikian, Muhammad memastikan, keberangkatan CJH tidak akan terpengaruh akibat batalnya 165 CJH tersebut. Ia menyebut, kelancaran perjalanan haji tetap akan berlangsung sebagaimana mestinya.

Lalu siapa yang akan mengisi kekosongan itu? Ditanya demikian, ia menjelaskan, untuk mengisi kekosongan itu pihaknya akan mengambil dari kuota cadangan yang sudah disiapkan oleh Kemenag.

Data yang diperoleh dari Kemenang, 165 orang tersebut berasal dari Kota Jambi 43 orang, Batanghari 12 orang, Tanjung Jabung Barat 30 orang, Bungo 15 orang, Merangin 12, Kerinci 21, Muaro Jambi 7 orang, Tebo 8 orang, Sarolangun 10 orang, Tanjung Jabung Timur 1 orang dan Sungai Penuh 14 orang.

Sementara tujuh CJH yang akan tetap diberangkatkan meskipun pelunasan BPIH mengalami keterlambatan, menurutnya, mereka berasal dari Kota Jambi tiga Orang, Bungo tiga orang dan satu orang dari Tanjung Jabung Barat.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments