Kamis, 21 Juni 2018


Baru Tiga Orang Lolos Verifikasi Dukungan Bakal Calon DPD RI


Selasa, 15 Mei 2018 | 14:57:56 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Dari 26 bakal calon anggota DPD RI yang dinyatakan memenuhi syarat, sejauh ini baru tiga yang dinyatakan lolos verifikasi dukungan. Sementara 23 lainnya diharuskan untuk melengkapi persyaratan kembali hingga tanggal 24 Mei mendatang.

Komisioner KPU Provinsi Jambi M. Sanusi mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi administrasi pada 26 bakal anggota, sehingga diputuskan hanya tiga orang yang memenuhi persyaratan. Ketiga nama tersebut yakni Syukur, Sum Indra, dan Daryati Uteng.

“Hanya tiga yang memenuhi persyaratan, yang lain dinyatakan harus ada perbaikan,” ujar Sanusi, Senin (14/5).

Adapun yang harus diperbaiki kata Sanusi, seperti masih banyak berkas yang mengalami kekurangan. Contoh, kata dia, masih banyak kesalahan dokumen dukungan e-KTP, mulai dari masalah e-KTP ganda atau lainnya. Lalu masalah penyusunan dukungan tidak berdasarkan desa atau kelurahan.

“Hal ini penting, karena setiap dukungan harus mempunyai keterwakilan setiap desa,” ujar Sanusi.

Lalu berdasarkan jadwal, maka masa perbaikan akan dilakukan pada 20-24 Mei, selanjutnya pada 30 Mei akan dilakukan faktualisasi dukungan yang dilakukan KPU Kabupaten/kota dengan mengambil sampel.

“Kita akan melakukan verifikasi dukungan e-KTP hingga kabupaten/kota dengan mengambil sampel 10 persen,” ujar Sanusi.

Komisioner KPU Provinsi Jambi lainnya, Nuraida Fitri Habi, mengatakan jumlah dukungan yang diserahkan sebanyak 2000 e-KTP yang tersebar di Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

“Jumlah minimal dan sebarannya harus memenuhi. Dukungan itu harus sesuai antara hard copy dengan aplikasi Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP),” ujarnya.

Nuraida mengatakan, KPU akan melakukan penelitian administrasi, kemudian memasuki masa perbaikan dukungan terhadap berkas yang diserahkan. “Terakhir verifikasi faktual untuk mengecek ke lapangan. Kita ambil sampel 10 persen dari dukungan,” katanya.


Penulis: Muhammad Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments