Rabu, 23 Mei 2018


Pramuka Paalmerah Deklarasikan Tolak Terorisme


Kamis, 17 Mei 2018 | 11:20:10 WIB


Pramuka Pallmerah mendeklarasikan tolak terorisme
Pramuka Pallmerah mendeklarasikan tolak terorisme / Jainal Abidin

JAMBI - Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kecamatan Paalmerah mengecam keras aksi pengeboman yang dilakukan terorisme beberapa waktu lalu di Surabaya.

Hal ini ditegaskan dengan melakukan deklarasi dan penandatanganan di spanduk bekerjasama dengan TNI dan kepolisian, Kamabiran, Kwaran, serta anggota Pramuka dilingkungan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pendega di wilayah Paalmerah.

Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Ranting (Kamabiran) Paalmerah, Kakak Mursidah menegaskan, seluruh Kwaran menolak aksi teroris yang ada di masyarakat.

Bahkan menolak keberadaan teroris di lingkungan Pallmerah. "Kita akan awasi dan lakukan tindakan terhadap gerak-gerik warga yang mencurigakan," ujarnya.

Wanita yang menjabat sebagai Camat Paalmerah ini menyebutkan, pihaknya akan menelusuri hingga rumah-rumah atau warga pendatang dengan berkoordinasi dengan kelurahan dan RT setempat. "Kalau ada warga baru wajib dilaporkan ke RT dan dimintai indetitasnya," katanya.

Selain itu, keamanan akan diperketat dengan pemberlakuan penjagaan Poskamling secara bergiliran bagi warga dimasing- masing Rt. Tamu keluar masuk juga harus wajib lapor apabila melebihi 24 jam.

Ia berharap masyarakat diberikan rasa nyaman dan aman, terlebih memasuki bulan suci ramadhan yang akan menjalani ibadah puasa selama sebulan tanpa gangguan apapun.

Kakwaran Paalmerah, Kakak Budiyanto menambahkan, Pramuka memiliki janji dan Dharma yang jelas, dalam point nomor 2 Dasa Dharma yang berbunyi cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Sehingga Pramuka sudah pasti menolak kekejaman atau kekerasan. "Apalagi aksi terorisme yang membunuh banyak orang," katanya.

Sebagai Kwaran Paalmerah, dirinya menghimbau kepada anggotanya, untuk menempati 10 dasar yang menjadi pedoman anggota Pramuka, dan selalu memperhatikan lingkungan sekitar dan harus melaporkan apabila terdapat orang yang mencurigakan. "Demi menciptakan kenyamanan dan keamanan bersama," tegasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments