Senin, 18 Juni 2018


Bahaya Penipuan Lewat Telepon dan Tips Mencegahnya


Kamis, 26 April 2018 | 11:26:04 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

PERAN telepon masih belum bisa digantikan oleh aplikasi chatting. Soalnya meski banyak aplikasi chatting menawarkan fungsi panggilan telepon, layanan telepon langsung menggunakan nomor telepon tetap lebih stabil dan bisa diandalkan.

Namun sayangnya saat ini semakin banyak orang yang menyalahgunakan fungsi telepon. Nah, JalanTikus akan berikan alasan bahaya mengangkat telepon nomor tak di kenal.

Bahaya Mengangkat Telepon Nomor Tak Dikenal

Pernahkah kamu menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal? Pasti sering. Jika iya, jangan asal angkat telepon dari nomor tidak dikenal lagi ya, soalnya:

1. Rawan Penipuan via Telepon

Gak cukup lewat SMS, beberapa oknum tidak bertanggung jawab banyak yang melakukan penipuan lewat panggilan. Mereka membuat percakapan seprofesional mungkin, bahkan hingga memiliki kantor. Tujuannya jelas, untuk memancing korban ke tempat mereka.

2. Pencurian Informasi

Pernahkah kamu mendapat telepon yang mengaku dari layanan penyedia kartu kredit? Mereka biasanya mengaku dari pihak partner untuk memberikan kartu khusus. Anehnya, mereka akan meminta nomor kartu kredit dan juga angka CVC milikmu.

Selain itu, ada juga yang menanyakan informasi orang terdekat dan informasi mengenaimu. Tujuannya? Jelas mereka sedang mencuri informasi seputar kamu untuk digunakan oleh mereka dalam melakukan aksi penipuan.

3. Sekali Diangkat, Kamu Nomormu Akan Disimpan

Banyak penjahat mengacak nomor untuk mencari target. Sekali kamu mengangkat panggilan dari nomor tidak jelas, maka nomormu akan mereka simpan. Ke depannya, bisa jadi mereka kembali menghubungimu dengan modus-modus barunya.

Cara Mencegah Penipuan Lewat Telepon

Serem kan bahaya dari asal angkat panggilan tidak dikenal ini? Makanya jangan asal angkat telepon ya. Untuk mengatasinya, coba lakukan hal-hal berikut:

Install aplikasi TrueCaller. Aplikasi ini akan menampilkan setiap ID dari nomor yang melakukan panggilan ke nomormu.

Jika terlanjur mengangkat nomor telepon yang tidak dikenal, tanya dulu identitasnya. Dan jangan menjawab pertanyaannya jika mulai menanyakan informasi-informasi yang menurutmu mencurigakan.

Intinya, lebih bijak ya dalam mengangkat panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Jangan sampe kamu tertipu oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab tersebut.


Penulis: jalantikus
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: jalantikus.com

TAGS:


comments