Senin, 18 Juni 2018


Realisasi Investasi Triwulan Pertama Capai Rp 1,850 Triliun


Senin, 28 Mei 2018 | 10:51:38 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Hingga triwulan pertama 2018,  realisasi investasi di Provinsi Jambi  sudah mencapai 1,85  triliun lebih. Investasi di Provinsi Jambi ini di dominasi oleh sektor perkebunan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jambi, Imron Rosadi mengatakan, pemerintah Provinsi Jambi menargetkan investasi di Jambi pada tahun 2018 yakni sebesar Rp 4,7 triliun.

"Ya target kita Rp 4,7 triliun, namun yang terealisasi hingga triwulan pertama ini baru 1,85 triliun," katanya.

Dijelaskan Imron, dari investasi yang terealisasi didominasi oleh  sektor perkebunan, sementara untuk sektor lainnya masih belum optimal dan akan terus ditingkatkan.

"Dalam hal sektor perkebunan, pemerintah provinsi Jambi terus mendorong agar sektor industri seperti hilirisasi dapat berkembang di Provinsi Jambi untuk meningkatkan investasi," tegasnya.

Imron juga  menekankan, realisasi investasi di Provinsi Jambi selain didominasi oleh sektor perkebunan juga  sebagian besar merupakan penanaman modal dalam negeri atau PMDN. Menurutnya, jika dibandingkan triwulan pertama tahun 2017 lalu pada triwulan 1 tahun 2018 mengalami kenaikan 11 persen.

Sebelumnya, selain mengembangkan sektor unggulan lain, Pemerintah Provinsi Jambi juga membentuk Satgas percepatan pelaksanaan perusahaan sesuai amanat Perpres 91 tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan perusahaan.

Dikatakan Imron, langkah ini dilakukan untuk meningkatkan investasi. Selain itu, Satgas dibentuk untuk kemudahan berinvestasi bagi investor.

"Satgas percepatan pelaksanaan perusahaan diketuai langsung oleh Sekda Provinsi Jambi. Satgas itu tidak hanya di tingkat Provinsi Jambi, namun juga di kabupaten kota dalam Provinsi Jambi," katanya.

Dengan adanya Satgas investasi ini, dirinya berharap bisa bekerja optimal. Karena nantinya, salah satu tugas Satgas adalah mengidentifikasi aturan-aturan atau regulasi yang menghambat investasi.

"Saat ini realisasi investasi jika dipersenkan sudah mencapai 24,2 persen dari target tahun 2018. Artinya kita optimis target kita di 2018 itu bisa kita capai, mengingat mudahnya perizinan berinvestasi di Provinsi Jambi yang terus ditingkatkan," pungkasnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments