Rabu, 20 Juni 2018


Besok, THR ASN Pemkot Jambi Dicairkan


Senin, 04 Juni 2018 | 11:52:18 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi tampaknya bisa bernafas lega. Selasa (5/6/18) besok. pemerintah melalui Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi akan mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Berita ini tentunya menjadi kabar bahagia bagi para ASN. Terlebih besarnya THR yang dicairkan tahun ini cukup lumayan, yakni satu bulan gaji ditambah tunjangan.

Deki Subianda, mepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi mengatakan, anggaran yang disediakan untuk pembayaran THR ASN di Kota Jambi sebesar Rp 26 miliar. Anggaran tersebut diberikan kepada sebanyak 6.349 ASN yang tersebar di seluruh Kota Jambi.

Pembayaran THR tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2018 tentang pemberian tunjangan hari raya kepada pegawai negeri sipil, prajurit, tentara nasional Indonesia, anggota kepolisian negara republik Indonesia, pejabat negara, penerima pensiun dan penerima tunjangan.

“Besaran THR yang diberikan tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah. Besarnya satu bulan gaji ditambah dengan tunjangan. Jumlah inilah yang sama seluruhnya diterima oleh para ASN tanpa adanya potongan sama sekali,” bebernya.

Dikatakannya lagi, pencairan THR di Kota Jambi akan diterima oleh ASN Selasa (5/6) besok. Sebab, pihak DPKAD masih proses mempersiapkan gaji bulan Juni terlebih dahulu.

“Kita bayarkan gaji dulu, lalu pada Selasa baru kita cairkan yang THR. Untuk pencairan THR juga kita menunggu pengajuan dari OPD masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Jambi Budidaya mengatakan, besaran THR ASN berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini lebih besar karena ditambah dengan tunjangan.

“Kalau tahun lalukan hanya gaji saja. Namun untuk tahun ini ditambah dengan tunjangan. Jadi lebih besar. Ini akan langsung dicairkan melalui DPKAD nantinya,” bebernya.

Sekda juga meminta agar ASN benar-benar memanfaatkan gaji tersebut untuk keperluan hari raya. Sehingga para ASN bisa membeli berbagai kebutuhan menjelang hari raya nanti.

“Namanya saja THR, diberikan menjelang hari raya dan kita berharap tentunya ini bisa memenuhi kebutuhan pada saat hari raya nanti,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments