Senin, 18 Juni 2018


Akhiri Masa Tugas, Konjen Singapura Apresiasi Kemitraan dengan Pemkot Jambi


Kamis, 07 Juni 2018 | 11:35:42 WIB


Fasha menerima kunjungan Konjen Singapura di kediaman pribadi
Fasha menerima kunjungan Konjen Singapura di kediaman pribadi / Khusnizar

JAMBI - Wali Kota Jambi yang sedang cuti Pilkada, H. Syarif Fasha, menerima kunjungan Mr. Mark Low, Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Singapura di Medan. Pertemuan yang penuh keakraban itu berlangsung dikediaman pribadi Syarif Fasha dikawasan Telanaipura, Rabu (6/6).

Selain bersilaturrahmi, kunjungan Mark Low juga dimaksudkan untuk berpamitan karena terhitung tanggal 25 Juni 2018 nanti Mark Low tidak lagi sebagai Konjen Singapura di Medan, dan akan bertugas di pos barunya Kementerian Luar Negeri Singapura.

Dalam pertemuan itu, Konjen Mark Low menyampaikan apresiasinya kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang selama ini dinilai telah membangun kemitraan strategis yang baik dan saling menguntungkan antar wilayah serumpun itu.

“Kota Jambi dibawah kepemimpinan Mr. Fasha menunjukkan komitmen yang baik dalam membangun hubungan kemitraan strategis bersama Singapura. Dengan tangan terbuka kami ingin Kota Jambi berkembang dan maju seperti Singapura. Oleh karena itu kami berharap akan terus terbangun komitmen untuk memperkuat kemitraan jangka panjang dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Senada dengan Mark Low, Wali Kota Syarif Fasha turut mengapresiasi Pemerintah Singapura khususnya terkait kerjasama dalam program SCP (Singapore Cooperation Programme), yang telah terjalin 3 tahun terakhir. Menurut Fasha, program SCP telah membawa efek signifikan dalam meningkatkan kompetensi serta merubah mindset ASN Pemkot Jambi menjadi lebih baik lagi.

"Kami merasakan manfaatnya, kini kinerja ASN kami sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, hal itu setidaknya dapat kami lihat setelah melakukan evaluasi terhadap alumni SCP ini, terlihat jauh meningkat, baik etos kerja maupun paradigma, termasuk juga mentalnya juga sudah berubah secara signifikan, yang dahulunya bermental minta dilayani kini sudah berubah menjadi melayani dengan sepenuh hati," terang Fasha.

Kedua pejabat yang sekaligus sahabat dekat itu, juga banyak membicarakan tindaklanjut kerjasama berbagai bidang yang menguntungkan bagi Singapura dan Kota Jambi dimasa depan.

Sebagaimana diketahui, Singapura yang memiliki beberapa persamaan karakteristik dengan Kota Jambi, seperti keterbatasan sumber daya alam, dan hampir seluruh kebutuhannya diimpor dari negara lain, namun Singapura memiliki kekuatan sumber daya manusia yang menjadi modal utama pembangunan di negaranya. Hal tersebut lah yang ingin diduplikasi Wali Kota Fasha dalam visinya membangun Kota Jambi.

Eksistensi Kota Jambi dalam kancah pergaulan Internasional tidak perlu diragukan lagi. Sebagai daerah yang memiliki konsep outward looking policy dalam visi pembangunannya, Kota Jambi tercatat sebagai salah satu daerah di Indonesia yang aktif dan memiliki hubungan kemitraan strategis dengan beberapa negara di dunia.
Sebut saja seperti negara Singapura, China, Korsel, Denmark, dan Jerman. Kota Jambi juga tercatat aktif dalam beberapa organisasi internasional, seperti UCLG ASPAC dan ICLEI.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments