Senin, 18 Juni 2018


Pencairan SPP Sekolah Swasta Tertunda


Selasa, 05 Juni 2018 | 23:16:09 WIB


Yulianto
Yulianto / metrojambi.com

JAMBI - SMA swasta di Kota Jambi yang dibebaskan dari biaya pungutan siswa, hingga kini belum menerima Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang dijanjikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi pada awal tahun ajaran 2017/ 2018 lalu. Rencananya dana bantuan dari Disdik ini untuk membantu siswa kurang mampu di Kota Jambi dan menarik minat siswa mendaftar di sekolah tersebut.

Ternyata, keterlambatan pencairan ini karena Disdik Kota Jambi masih memverifikasi data anggaran yang diajukan sekolah. Selain itu dengan pergantian kepala daerah atau Walikota Jambi yang telah habis masa kepemimpinan mempengaruhi pencairan.  

Hal ini dibenarkan Bagian Kesiswaan SMP Disdik Kota Jambi, Yulianto. "Kemarin kita sudah sempat ajukan dan lakukan verifikasi beberapa kali, namun belum berhasil," ujarnya.

Makanya, pihaknya mengajukan anggaran tersebut per enam bulan sekali dan diperkirakan pencairan dan sekolah akan diterima di akhir Juni atau awal Juli mendatang. Jumlah yang diterima sama dengan SPP yang ditetapkan sekolah serta jumlah siswa yang menerima.

"Kalau diajukan perempat bulan nanggung, sehingga diajukan per enam bulan sekalian," bebernya.

Terkait mekanisme pencairan, pihaknya mengutamakan bagian keuangan walikota yang mengelola setelah diajukan Disdik Kota Jambi dengan membawa persyaratan dari sekolah, dengan melakukan verifikasi peserta didik, jumlah siswa dan besaran SPP. "Karena anggaran tersebut diambil melalui anggaran APBD," jelasnya.

Hal ini dibenarkan salah satu Kepala SMA swasta di Kota Jambi yang enggan disebutkan namanya. Menurutnya, hingga kini sekolah belum menerima pencairan dana SPP siswa yang ditanggung Disdik Kota Jambi. "Sehingga untuk pembayaran guru honor kita gunakan dana lain dan melakukan pinjaman," paparnya.

Ia berharap, pembayaran tersebut segera cair dan sekolah segera menerima, karena dengan kondisi saat ini sekolah kesulitan meningkatkan dan menjalankan pendidikan. "Ditambah anggaran dana BOS macet-macet," imbuhnya.

Untuk diketahui, SMA swasta di Kota Jambi yang ditanggung SPP oleh Disdik Kota Jambi melalui APBD yakni SMA Dharma Bakti 4, SMA Al Progo, SMA Nomensen, SMA Pelita Raya, SMA Tri Sukses, SMA Pertiwi, dan SMA Mega Tama.


Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments