Senin, 18 Juni 2018


SD 47 Kota Jambi Salurkan Bantuan ke Panti Sosial


Kamis, 07 Juni 2018 | 14:57:54 WIB


Siswa SD Negeri 47 Kota Jambi saat memberikan bantuan di panti sosial
Siswa SD Negeri 47 Kota Jambi saat memberikan bantuan di panti sosial / Jainal Abidin

JAMBI – Sekolah Dasar (SD) Negeri 47 Kota Jambi bukan hanya mengutamakan pendidikan akademik bagi siswanya, namun pendidikan karakter juga ditekankan sekolah.

Sehingga anak didik dapat menerapkannya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Seperti mengunjungi Panti untuk menyalurkan bantuan kepada warga panti yang membutuhkan.

Wakil Humas SD Negeri 47, M Haris mengatakan, panti yang dikunjungi sekolah yakni Panti Sosial Budi Luhur Paal V Kota Jambi dan Panti Asuhan Sailun Salimbai Tempino, Muarojambi.

Di dua tempat ini, SDN 47 memberikan bantuan berupa uang, sembako, dan pakaian layak pakai. "Bantuan ini hasil sumbangan siswa dan orangtua selama Ramadan," ujarnya, Kamis (7/6).

Menurut Haris, pemberian sembako ke panti rutin dilakukan sekolah setiap tahunnya, selain mengisi kegiatan selama bulan Ramadan, juga mengajarkan siswa peduli kepada sesama, terutama yang membutuhkan.

"Ini upaya kita untuk menanamkan nilai karakter baik, supaya kalau dewasa nanti tidak menelantarkan orang tua atau menitipkan ke panti," kata Haris.

Haris berharap, kegiatan ini ke depan terus dilaksanakan, dengan bantuan yang lebih banyak lagi, sehingga dapat mengunjungi beberapa panti.

Selain itu siswa bisa lebih sayang dan selalu menjaga orang tuanya hingga usia lanjut, tidak menitipkan atau menelantarkan. "Karena berkat orang tua yang telah merawat dan menjaga, si anak bisa sukses," katanya.

Ela Teguh, orang tua Ahmad Edegaga, siswa Kelas V B, menyambut baik kegiatan yang dilakukan sekolah, dengan mengunjungi dan memberikan bantuan kepada panti asuhan dan panti jompo.

"Kalau bukan kita yang memberikan siapa lagi, mereka sudah dititipkan oleh keluarganya di panti atau tidak memiliki keluarga lagi," ungkapnya.

Disebutkannya, kegiatan ini menjadi pelajaran dan pendidikan karakter bagi anak, kalau dewasa nanti tidak menelantarkan atau menitipkan orang tua ke panti jompo, dan peduli terhadap sesama manusia yang membutuhkan, terutama di lingkungan sekitarnya. "Anak harus punya jiwa sosial yang tinggi," katanya.

Ia berharap sekolah rutin mengelar kegiatan seperti ini, dan tentunya lebih banyak bantuan dan panti yang diberikan.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments