Senin, 18 Juni 2018


Pelepasan Siswa SD-SMP KGS Jambi Berlangsung Spektakuler

Baru Pertama Ikuti UNBK, Raih Nilai Tertinggi

Jumat, 08 Juni 2018 | 14:24:59 WIB


Foto bersama
Foto bersama / Jainal Abidin

JAMBI - Setelah sukses menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) beberapa waktu lalu, Kanaan Global School (KGS) Jambi, Rabu (6/6) kemarin, menggelar pelepasan siswa Kelas VI dan Kelas IX atau _Primary 6 and Secondary 3 Culmination Day Class of 2018.

Acara berlangsung spektakuler dengan beragam penampilan dan bakat-bakat siswa dan guru KGS sendiri. Dari penampilan tari massal, baik perwakilan kelas dan jenjang maupun penampilan seni kreativitas vokal dan permainan alat musik.

Wakil Direktur KGS Jambi, Yustanti Limardi menyebutkan, pelepasan siswa tahun 2018 ini diikuti sebanyak 56 siswa yang terdiri dari siswa Primary 6 atau SD sebanyak 42 orang, dan siswa Secondary 3 atau setingkat SMP sebanyak 14 orang yang merupakan angkatan pertama yang dilepas.

"Setelah mereka mengikuti ujian dan hasil ujian sudah keluar, kita menggelar acara pelepasan," ujarnya.

Selain melepas siswa, pada tahun 2018 ini para siswa KGS Jambi meraih medali sebanyak 22 medali penghargaan yang diperuntukkan bagi siswanya yang mengikuti berbagai kompetisi baik tingkat nasional dan internasional.

Di samping itu, siswa peraih hasil Ujian Nasional tertinggi, baik nilai tertinggi permata pelajaran atau nilai rata-rata mendapatkan apresiasi dari sekolah.

"Kita juga berikan piagam, medali dan uang saku untuk memotivasi lebih baik lagi dan memancing siswa yang lain untuk berprestasi," imbuhnya.

Terlebih prestasi membanggakan KGS Jambi tahun ini dengan pencapaian hasil UNBK tertinggi untuk jenjang SMP yang baru pertama diikuti, KGS Jambi meraih nilai tertinggi baik di Kota Jambi maupun di Provinsi Jambi, mengalahkan sekolah unggulan lain yang lebih dulu berdiri dengan nilai UNBK dengan total nilai 316.93.

"Tentunya ini prestasi membanggakan dan motivasi kami ke depan lebih baik lagi," bebernya.

Selain memberikan Ijazah Hasil Ujian Nasional (UN), Ms Yus mengatakan, pihaknya membagikan piagam terkait akademik maupun non akademik yang diikuti siswa seperti mengikuti perlombaan mewakili sekolah yang dimenangkan.

"Termasuk piagam pendidikan karakter anak, karena pendidikan karakter itu utama," imbuhnya.

Selanjutnya, ia berharap siswa yang dilepas terus melanjutkan pendidikan dan mengukir prestasi, mengejar impian dan cita-cita untuk meraih kesuksesan dan menjaga nama baik almamater yang ditinggalkan.

Terpisah, siswa Kelas IX SMP KGS Jambi, Reynaldi Putra Santoso, peraih nilai rata-rata tertinggi di KGS Jambi merasa bangga dan senang karena kerja keras dan usaha selama ini tidak sia-sia. Ia mendapatkan hasil yang membanggakan, dengan nilai rata-rata UNBK 91. "Kerja keras tidak mengkhianati hasil," ungkapnya dengan wajah sumringah.

Hasil ini ia persiapkan dengan mengulang pelajaran di rumah, mengikuti pelajaran tambahan di sekolah seperti Try Out dengan 1 subjek 1 mata pelajaran yang diujikan. "Tentunya ini motivasi saya untuk lebih baik di jenjang pendidikan SMA," tuturnya.

Hal ini pun menjadi kebanggaan Sri Handayani Nasution, selaku orangtua Reynaldi. Ia menuturkan, sebagai orangtua selalu mendukung kegiatan anak yang mengarah positif seperti belajar. Tetapi tidak memaksakan kemauan dirinya terhadap anak. "Kami hanya mendukung, mendoakan dan mendampingi," katanya.

Bahkan dirinya menilai keseharian Reynaldi di rumah santai, terlebih anaknya banyak menghabiskan waktu setiap harinya di sekolah. "Tentunya prestasi harus ditingkatkan jangan cepat puas dan tidak boleh sombong," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments