Senin, 18 Juni 2018


Tahun Ajaran Baru, SMP 17 Mulai Terapkan FDS


Sabtu, 09 Juni 2018 | 11:23:59 WIB


Kepala SMP Negeri 17, Arman Danil
Kepala SMP Negeri 17, Arman Danil / Jainal Abidin

JAMBI - Tahun ajaran baru 2018/2019 mendatang ada yang berbeda di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Nantinya, penerapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah ini tidak sama seperti tahun sebelumnya, karena mulai diterapkan 5 hari belajar dalam seminggu atau Full Day School (FDS).

Kepala SMP Negeri 17, Arman Danil menyebutkan, kegiatan belajar mengajar akan dilakukan dari pagi hingga sore hari selama hari Senin sampai Jumat, sehingga hari Sabtu sekolah tidak ada kegiatan atau diliburkan.

"Supaya siswa dan guru bisa memanfaatkan hari Sabtu di rumah untuk berkumpul bersama keluarga," ujarnya, Jumat (8/6).

Menurutnya, pada tahun sebelumnya, siswa sekolah dari pagi sampai siang, namun dilaksanakan selama 6 hari. Sedangkan untuk tahun ajaran baru nanti, sekolah 5 hari.

Penerapan FDS ini ungkap Danil sudah direncanakan sekolah sejak jauh hari, dengan pertimbangan yang matang. Seperti menyiapkan sarana dan prasarana memadai dan mendukung sekolah dalam menerapkan FDS. "Baik dari kelengkapan belajar maupun kegiatan lainnya," jelasnya.

Siswa juga telah dilakukan sosialisasi dan penjelasan, mengenai pelaksanaan FDS nantinya. Sekolah juga minta siswa menyiapkan diri untuk makan siang dan kelengkapan shalat Dzuhur di sekolah.

"Mereka membawa sendiri makan dari rumah," katanya.

Begitu halnya dengan tenaga pendidik yang akan mengajar, telah diberikan sosialisasi dan pendampingan dalam melaksanakan FDS, sehingga diharapkan nantinya tidak ada masalah atau kendala di lapangan.

"Termasuk surat pemberitahuan ke Disdik, sudah kita sampaikan juga," kata mantan Kepsek SMP Negeri 22 Kota Jambi ini.

Disebutkan Danil, nantinya sebulan setelah penerapan sekolah akan melakukan evaluasi. Selama satu tahun pertama penerapan FDS, setiap 1 bulan sekali akan dilakukan evaluasi. "Agar ada peningkatan lagi kedepannya," paparnya.

Untuk diketahui, SMP Negeri 17 adalah sekolah pertama di Kota Jambi yang menerapkan FDS di sekolah, sehingga diharapkan sekolah lain dapat menyusul menerapkannya.

Tahun Ajaran Baru, SMP 17 Mulai Terapkan FDS


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments