Jumat, 22 Juni 2018


Nilai Siswa Kurang, SD 181 Koordinasi ke Orang Tua


Sabtu, 09 Juni 2018 | 11:49:30 WIB


Kepala SD Negeri 181, Ilya Sinarita
Kepala SD Negeri 181, Ilya Sinarita / Jainal Abidin

JAMBI - Memberikan pendidikan anak tidak hanya dilakukan guru di sekolah, perlu kerjasama dan pendampingan orangtua yang memiliki peranan penting dalam mendidik anak di rumah. Terutama anak yang kurang dalam menyerap pelajaran, agar tidak tertinggal dari siswa lain.

Hal seperti inilah yang dilakukan SD Negeri 181 Kota Jambi, dalam mendorong siswanya yang kurang atau daya serap pelajarannya lemah. Guna meningkatkan daya serap siswa, pihak sekolah melakukan koordinasi dengan orangtua untuk membimbing anaknya belajar di rumah.

"Bahkan kita minta anaknya dimasukkan di bimbingan belajar (Bimbel) atau les privat," ujar Kepala SD Negeri 181, Ilya Sinarita kepada Metro Jambi, Jumat (8/6).

Terlebih saat ini jelang pemberian raport hasil ujian semester genap atau kenaikan kelas. Guru harus memperhatikan nilai muridnya sebelum dibagikan, karena masih ada beberapa siswa nilainya kurang memuaskan.

"Makanya kita panggil orangtua bersangkutan, untuk menjelaskan hasil belajar anaknya," jelasnya.

Kendati demikian ungkap Ilya, siswa tersebut tetap naik kelas, namun dengan pertimbangan dan bersyarat, siswa harus lebih giat lagi belajar untuk mengejar ketertinggalan materi. "Biar di kelas berikutnya tidak menjadi beban," ungkapnya.

Ia berharap hasil ujian siswa semester ini memuaskan dan terus ditingkatkan kedepannya, dan siswa bisa memanfaatkan waktu libur dengan sebaik mungkin. "Tetap meluangkan waktu belajar di rumah," pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments