Kamis, 19 Juli 2018

Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang


Senin, 28 Mei 2018 | 14:38:26 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

SEBAGAI salah satu aplikasi chatting paling populer, nyaris semua pengguna smartphone pasti menggunakan WhatsApp (WA). Tentu kamu memiliki banyak teman dan kerabat di kontak WhatsApp kamu.

Kehilangan kontak WhatsApp pasti jadi bencana buat siapapun yang mengalaminya. Kali ini, Jaka akan kasih tau cara mengembalikan kontak WA yang hilang.

Cara yang pertama adalah dengan menghapus cache.
Cara ini bisa kamu pakai ketika kontak di WhatsApp kamu hilang secara tiba-tiba. Untuk melakukannya, cukup ikuti langkah demi langkah di bawah ini:

-Pergi ke menu pengaturan alias Settings yang ada di smartphone kamu. Lanjutkan dengan memilih Apps, lalu pilih aplikasi WhatsApp.

-Pilih Storage, lalu lanjutkan dengan menghapus cache cukup dengan menekan CLEAR CACHE.

-Jika sudah, restart smartphone kamu dan lihat apakah kontak WhatsApp kamu yang hilang sudah muncul kembali.

Cara Mengembalikan Kontak WA dengan Ubah Permission
Cara yang kedua sejatinya adalah langkah pencegahan untuk menghindari kontak WhatsApp kamu hilang sewaktu-waktu. Kamu bisa melakukannya dengan mengubah permission pada aplikasi tersebut. Begini caranya:

-Langkah pertama sama seperti langkah pertama di metode nomor satu. Pergi ke menu pengaturan alias Settings yang ada di smartphone kamu. Lanjutkan dengan memilih Apps, lalu pilih aplikasi WhatsApp.

-Kali ini, pilih Permissions lalu aktifkan tab Contacts hingga ikon di sebelah kanannya berwarna hijau.

-Kontak WhatsApp kamu niscaya akan aman karena kamu sendiri sudah memberikan izin bagi aplikasi WhatsApp untuk mengakses kontak kamu.

Cara Mengembalikan Kontak WA dengan Sinkronisasi Gmail
Cara yang ketiga adalah dengan melakukan sinkronisasi akun Gmail kamu sehingga kontak yang ada di sana terhubung langsung ke kontak yang ada di WhatsApp. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

-Buka kontak yang ada di smartphone kamu, lalu pilih ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas. Lanjutkan dengan memilih Import/export.

-Lanjutkan dengan mengeskpor kontak yang ada agar langsung tersalin ke kontak di WhatsApp nantinya.

-Dengan sudah tersinkronisasi, maka kontak yang ada di WhatsApp kamu akan kecil kemungkinannya untuk dapat hilang.

Akhir Kata
Itulah tiga metode alias cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang dengan mudah. Kini kamu gak perlu takut lagi lose contact sama teman dan kerabat kamu karena jika kontaknya hilang sekalipun, kamu bisa langsung mengembalikannya. Selamat mencoba!


Penulis: Jalantikus
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Jalantikus.com

TAGS:


comments