Jumat, 20 Juli 2018

Disdik Sediakan Posko PPDB

Melayani Calon Siswa dari Luar Zonasi

Kamis, 05 Juli 2018 | 11:38:05 WIB


Suasana posko PPDB di Disdik Kota Jambi dan Disdik Provinsi Jambi
Suasana posko PPDB di Disdik Kota Jambi dan Disdik Provinsi Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi dan Dinas Pendidikan (disdik) Provinsi Jambi sejak awal dibukanya penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), 2 Juli lalu secara online telah membuka posko PPDB.

Posko ini disiapkan untuk melayani calon siswa yang akan mendaftar di luar zonasi tempat tinggal mereka selama ini.

Plt Kabid SMP Disdik Kota Jambi, Bambang mengatakan, aturan dibukanya posko PPDB sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2012 dalam penyelenggaraan PPDB dengan menggunakan sistem zonasi.

Tujuannya untuk menghindari membludaknya siswa di salah satu sekolah atau pemerataan sekolah. "Jadi siswa yang di luar zonasi tidak bisa mendaftar," ujarnya.

Namun hal ini masih mendapatkan pertimbangan, kalau alasan calon siswa tersebut mendaftar di luar zonasi karena mengikuti orangtua pindah tugas seperti TNI dan Polri.

Untuk alasan ini, calon siswa harus melengkapi surat keterangan pindah. "Jatah pindah hanya 5 persen, setelah 90 persen zonasi dan 5 persen prestasi," imbuhnya.

Makanya, untuk melayani dari luar zonasi, pihaknya membuka posko PPDB guna membantu masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah di Kota Jambi atau ke luar Kota Jambi dari kabupaten/kota lain. "Posko dibuka hingga akhir verifikasi pendaftaran," jelasnya.

Kepala BTIKP Disdik Provinsi Jambi, Yani Iriansyah menambahkan, posko PPDB di Disdik provinsi untuk memberikan pelayanan dan ruang informasi bagi masyarakat yang membutuhkan. "Yang selama ini mereka tidak dapat informasi terkait persyaratan PPDB," ungkapnya.

Selain itu, keberadaan posko ini memberikan bantuan saran pra pendaftaran ke sekolah tujuan bagi siswa tamatan luar Jambi, luar negeri, SLab, dan tamatan SMP di bawah tahun 2018. "Jadi, sebelum mendaftar ke sekolah, harus mendaftar ke posko PPDB," katanya.

Yani menyebutkan, hingga hari ketiga dibukanya posko PPDB, sudah banyak orangtua atau calon siswa yang mendaftar, sehingga pihaknya membatasi setiap harinya hanya 100 pendaftaran. "Hari ketiga sudah 300 pendaftar, dan posko PPDB akan dibuka hingga 9 Juli mendatang," katanya lagi.

Keberadaan posko PPDB sendiri, dinilai membantu masyarakat yang kesulitan atau kurang informasi terkait PPDB, terlebih bagi calon siswa yang berada di luar zonasi.

Hal ini diungkapkan salah satu orangtua siswa, Hurairah.

Terlebih saat ini dirinya terkendala KK yang berada di Kabupaten Muarojambi, sementara anaknya dari SD salah satu Kota Jambi dan akan melanjutkan ke SMP 9 Kota Jambi. "Kami tinggal di Kasang Pudak, Muarojambi," ujarnya.

Di lokasi yang sama, pelayanan berbeda dirasakan orangtua calon siswa asal Geragai, Kecamatan Tanjabtim, M Sayuti. Pasalnya ia yang memiliki nomor antrian 9, hingga siang hari belum mendapat pelayanan atau dipanggil panitia, sementara pemilik nomor antrian yang lebih besar sudah dipanggil. "Kata panitia tunggu panggilan bang," ungkapnya kesal.

Kendati demikian, bapak yang akan mendaftarkan anaknya ke SMP 11 Kota Jambi ini tetap bersabar menunggu panggilan panitia, karena ia merasa sangat membutuhkan posko PPDB.(abd)


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments