Kamis, 19 Juli 2018

Peminat SLB Sri Soedewi Lebihi Kuota

Sekolah Hanya Batasi 30 Siswa

Jumat, 06 Juli 2018 | 14:06:06 WIB


 Plt Kepala SLB Sri Soedewi, Jambi, Dadang Mulyana
Plt Kepala SLB Sri Soedewi, Jambi, Dadang Mulyana / Jainal Abidin

JAMBI - Tahapan penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang saat ini sedang berlangsung bukan hanya dilakukan sekolah- sekolah regular.

Sekolah Luar Biasa (SLB) yang menerima siswa berkebutuhan khusus juga menyelenggarakan PPDB, seperti yang dilakukan SLB Sri Soedewi Sofwan Maschun, Jambi.

Bahkan, jumlah siswa yang mendaftar di sekolah yang berada di jalan Depati Parbo, Pematang Sulur ini sudah melebihi kuota yang ditentukan, yakni 30 siswa berkebutuhan khusus.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala SLB Sri Soedewi, Jambi, Dadang Mulyana saat dikonfirmasi Metrojambi. "Data yang mendaftar belum tahu pasti, yang jelas sudah lebih dari kuota," ungkapnya, Kamis (5/7) kemarin.

Untuk mengatasi berlebihnya kuota siswa yang mendaftar, pihaknya melakukan seleksi administrasi dan asesmen, serta akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi.

"Termasuk berkoordinasi dengan sekolah lain yang juga menerima siswa berkebutuhan karena ada tenaga pendidiknya," paparnya.

Dijelaskannya, langkah ini diambil agar jika semua siswa diterima akan menimbulkan masalah. Jadi, lebih baik disalurkan ke sekolah lain yang bisa menampung siswa tersebut, karena di luar syarat SLB Sri Soedewi.

"Kita hanya menerima siswa dengan kebutuhan tuna netra, tuna daksa, tuna grahita, tuna rungu, dan autis," ungkapnya.

Selain itu, sekolah juga menerapkan siatem zonasi untuk membatasi membludaknya jumlah siswa yang mendaftar. Terlebih saat ini jumlah SLB di Provinsi Jambi juga sudah banyak. "Baik SLB negeri maupun swasta," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments