Kamis, 19 Juli 2018

Zumi Zola Disidang di Jakarta, Ini Pertimbangannya


Selasa, 10 Juli 2018 | 12:26:15 WIB


Zumi Zola saat ditahan penyidik KPK belum lama ini
Zumi Zola saat ditahan penyidik KPK belum lama ini / Metrojambi.com

JAMBI - Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola, tersangka kasus penerimaan gratifikasi terkait sejumlah proyek di Provinsi Jambi tahun 2014-2017, dipastikan akan disidang di Pengadian Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Hal itu berdasarkan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. M Hatta Ali, SH.MH, No 106/KMA/SK/V/2018 tentang penunjukkan Pengadilan Jakarta Pusat untuk memeriksa dan memutus petkara pidana  atas nama terdakwa Zumi Zola.

Ada enam poin yang menjadi pertimbangan sehingga MA menunjuk Pengadilan Pusat. Diantaranya, mengingat tersangka adalah gubernur Jambi periode 2016-2021, yang memiliki basis massa yang cukup kuat di Jambi.

Hal itu dikhawatirkan adanya pengarahan massa yang dapat menggganggu masyarakat dan keamanan persidangan. Mengingat orangtua tersangka merupakan gubernur Jambi dua periode dan mempunyai pengaruh kuat di wilayah provinsi Jambi.

Selain adanya pengaruh tersangka dan keluarga, menimbulkan kekhawatiran terhadap keamanan saksi dalam memberikan keterangan dalam persidangan. Mengingat saksi-saksi kunci kebanyakan merupakan mantan staf maupun orang dekat tersangka dan keluarga tetsangka.

Sesuai pasal 85 KUHAP menyebutkan atas alasan situasi membahayakan apabila perkara yang bersangkutan diadili di tempat kejadian perkara serta demi efektifitas dan efesiansi penanganan tersebut, maka beralasan bila persidangan digelar di luar wilayah.

Humas Pengadilan Tipikor Jambi, Makaroda Hafat, mengatakan bahwa berdasarkan surat permintaan pemindahan tempat persidangan meruapakan permintaan dari pihak KPK. "Dari SK KMA tersebut nampak bahwa pemindahan adalah atas permintaan dari pihak KPK," ujarnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments