Selasa, 17 Juli 2018

Zumi Zola Dijerat Kasus Baru


Selasa, 10 Juli 2018 | 12:53:48 WIB


Zumi Zola saat ditahan penyidik KPK beberapa waktu lalu
Zumi Zola saat ditahan penyidik KPK beberapa waktu lalu / Metrojambi.com

JAMBI – Pasca berakhirnya sidang kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018 yang menjerat Supriyono, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung tancap gas. Kini, sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi kembali diperiksa KPK, di Mapolda Jambi.

Informasi yang diterima Metrojambi.com, tujuh orang anggota DPRD Provinsi Jambi diperiksa KPK, Senin (9/7/18) kemarin. Mereka terdiri dari unsur pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi lainnya.

Sumber metrojambi.com menyebutkan, dalam surat panggilan para saksi, tercantum para saksi itu diperiksa dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud untuk mendapatkan pengesahan RAPBD Provinsi Jambi.

Bahkan dalam surat itu, pengesahan RAPBD Provinsi Jambi yang kini didalami KPK adalah pengesahan RAPBD tahun anggaran 2017 dan 2018.

Sumber juga menyebut, dalam surat itu kasus ini diduga dilakukan oleh tersangka Zumi Zola Zulkifli selaku Gubernur Jambi periode 2016-2021 dan kawan-kawan.

Masih kata sumber Metrojambi.com, Zola dalam kasus ini dijerat pasal 5 atat 1 huruf a dan b atau pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Pasal ini juga pernah disangkakan KPK kepada tiga terdakwa lain yang telah lebih dulu di sidang ke Pengadilan Tipikor Jambi. Mereka adalah Mantan Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, Mantan Plt Kadis PUPR Arfan dan Mantan Asisten III Saipuddin. Dalam sidang dikatakan, mereka merupakan pemberi suap kepada para anggota dewan.

Sementara itu, pantauan di Mapolda Jambi, salah seorang yang diperiksa penyidik KPK kemarin adalah ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston. Politisi Partai Demokrat itu tampak keluar dari ruang pemeriksaan di lantai dua gedung lama Mapolda Jambi sekira pukul 13.45 WIB.

Saat dikonfirmasi wartawan, Cornelis mengakui jika ia diperiksa oleh penyidik KPK. Dikatakan Cornelis, ia diperiksa sebagai saksi untuk Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola, yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

“Dipanggil menyangkut masalah Zumi Zola. Dari jam sebelas tadi (kemarin, red),” kata Cornelis kepada wartawan.

Sementara itu hari ini, Selasa (10/7), 7 anggota dewan juga diperiksa penyidik KPK. Salah seorang diantaranya adalah politisi Golkar Popriyanyo.

Saat dikonfirmasi Popriyanto mengakui jika dirinya diperiksa KPK sebagai saksi untuk Zumi Zola. "Kaitannya dengan Zumi Zola," kata Popriyanto.


Penulis: Tim
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments