Walikota Fasha dan Kajati Lakukan Penghijauan Di Hutan Kota


Sabtu, 20 Juli 2019

JAMBI- Taman Hutan Kota Muhammad Sabki, dipilih oleh Kejaksaan Tinggi Jambi, untuk Penghijauan gerakan Indonesia bersih dan biopori dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 dan HUT XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini 2019, Sabtu (20/7).


Penanaman pohon dan biopori ini dilakukan langsung oleh Kepala Kejati Jambi Andi Nurwinah, dan dihadiri Sekda provinsi Jambi M Dianto, walikota Jambi Syarif Fasha, Sekda Kota Jambi Budidaya dan pejabat di lingkungan Kejati Jambi.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengucapkan terimakasih dengan Kejati Jambi karena telah memilih hutan kota sebagai tempat penanaman pohon dan biopori.
Bahkan Fasha sempat tak menyangka jika Kejati Jambi sudah mengetahui cara pembuatan biopori.

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami (Pemkot) bahwa taman hutan kota ini dijadikan salah satu tempat untuk kegiatan hari Bhakti Adhyaksa Dharma Karini untuk menanam pohon dan memang sudah tepat sekali termasuk pembuatan biopori yang memang sangat dibutuhkan di Kota Jambi, Alhamdulillah dengan adanya biopori di hutan kota, maka bertambah resapan air sehingga bisa sedikit mengatasi masalah banjir di kota Jambi,” ujarnya.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon dan biopori ini. Karena menurutnya kegiatan penanaman pohon tidak bisa jika hanya mengandalkan pemerintah saja.

“Kalau tidak mengajak masyarakat maka akan sulit. Sehingga kami menerapkan sistem kerjasama, jika ada Pasangan pengantin makanwajib menanam pohon. Begitu juga jika ada bangunan ruko, wajib menanam pohon dengan pot, sesuai dengan jumlah lantai ruko,” kata Fasha.

Fasha juga meminta saran dan ide dari Kejati Jambi, terkait apa saja yang harus dibenahi di Hutan Kota Muhammad Sabki. Sehingga kedepan bisa dianggarkan untuk perbaikan di hutan kota.

“Nanti akan dibuat seperti taman hutan kota di tempat-tempat yang lain karena memang Pemkot Jambi terlebih dahulu konsentrasi ke Danau Sipin tahun depan kita sudah banyak berubah dan kami akan konsentrasi ke taman hutan kota ini,”ujarnya.

Fasha memberi ucapan selamat Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-59 dan Ikatan Adhyaksa Dharma Karini yang ke-19,”Makin jaya kedepan dan Adhyaksa makin kuat dan makin solid juga berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang ikut menanam pohon disini,”ucapnya.

Sementara itu Sekda Provinsi Jambi M Dianto mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon harus dijadikan momentum kebersamaan. Sehingga dapat berperan aktif dalam pembangunan agar masyarakat sadar dengan lingkungan.

“Ini salah satu pencegahan longsor dan banjir serta mengurangi dampak dampak perubahan iklim,” ujarnya.

Kepala Kejati Jambi Andi Nurwinah, juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sudah terprogram setiap tahunnya. Sehingga setiap tahun pihaknya tinggal memilih Kabupaten/kota mana yang akan dikunjungi.

Selain itu Andi Nurwinah juga meminta agar walikota Jambi menambah fasilitas di hutan kota Muhammad Sabki. Seperti fasilitas outbond, menambah jenis-jenis burung, pohon, tanaman dan lainnya. “Kalau dijadikan seperti safari satwa, Hutan kota ini akan lebih ramai lagi dikunjungi,” ujarnya. 

Reporter  : Amril Hidayat
Editor      : Ikbal Ferdiyal

comments

Foto Lainnya