Melalui Musik, Wali Kota Jambi Ajak Generasi Muda Perangi Narkoba


Jumat, 02 Agustus 2019

Fasha Apresiasi Kinerja BNN Konsisten Berantas Narkoba di Provinsi Jambi

JAMBI - Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME menghadiri malam Grand Final Festival Band antar Pelajar dan Mahasiswa se-Provinsi Jambi yang diselenggarakan oleh BNN Provinsi Jambi di Abadi Convention Center Jambi, Jumat malam (2/8).

Malam final festival musik antar pelajar dan mahasiswa yang perdana dilaksanakan di Provinsi Jambi bahkan di Indonesia tersebut, berlangsung sukses dan meriah.

Turut hadir dalam acara itu, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs. Ahmad Haydar, SH.,MM., Staf ahli Gubernur Jambi, Kepala OJK Perwakilan Jambi Endang Nuryadin, Kapolresta Jambi Kombes Pol. Dover Christian, S.Ik, tuan rumah penyelenggara, Kepala BNN Provinsi Jambi Brigjen Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si dan jajaran BNN Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, serta Widyaiswara Provinsi Jambi yang juga Tokoh Muda Jambi Said Pariq.

Malam Grand Final Festival band itu menjadi semakin meriah karena turut menghadirkan artis band ibu kota, Cassandra dan Oncy, Band Ungu. Tidak mau ketinggalan, Wali Kota Fasha pun turut "unjuk gigi" menampilkan lagu pilihannya dihadapan milenial dan tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Wali Kota yang aktif menggelar berbagai kegiatan bersama anak muda itu, sangat mengapresiasi perhelatan festival musik yang baru pertama kalinya hadir di jajaran BNN di Indonesia tersebut. Menurutnya, inovasi yang dilakukan oleh BNN Provinsi Jambi itu, merupakan kegiatan yang telah lama ditunggu oleh anak muda di Jambi.

"Pemerintah Kota Jambi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BNN Provinsi Jambi dalam hal menyalurkan bakat dan energi positif anak-anak muda di Provinsi Jambi. Karena melalui festival ini, mereka dapat menyalurkan energi berlebih secara positif melalui musik, bukan narkoba. Sebenarnya kegiatan ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh mereka. Rangkaian kegiatan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional ini adalah inovasi dan terobosan yang luar biasa diciptakan oleh BNN Provinsi Jambi dalam upaya memberantas narkoba di Jambi," ujar Wali Kota Syarif Fasha.

Lebih lanjut, Wali Kota dengan jargon Jambi Terkini itu juga mengungkapkan bahwa, Pemkot Jambi akan terus mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh BNN dalam memberantas mata rantai peredaran narkoba di tanah Jambi.

"Kita telah berupaya dengan berbagai cara, bagaimana menurunkan tingkat penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jambi ini. Pemerintah kabupaten/kota dan provinsi telah berupaya semaksimal mungkin dengan cara mendorong dan mensupport pihak BNN dan pihak kepolisian untuk meminimalisir penyalahgunaan narkotika di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini. Hal itu menjadi konsen kita, dan akan terus kita lakukan sampai kapanpun, hingga narkoba benar-benar hilang dari bumi Indonesia ini," tegas Fasha.

Diakhir sambutan, Fasha kembali mengapresiasi festival band yang diselenggarakan oleh BNN Provinsi Jambi tersebut.

"Terima kasih kepada BNN Provinsi Jambi atas upaya luar biasa ini, semoga kreativitas ini diikuti dan dicontoh oleh BNN lainnya di Indonesia," pungkas Fasha.

Sebelumnya, Kepala BNN Provinsi Jambi, Brigjen Pol. Heru Pranoto, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Festival Band BNN Provinsi Jambi tersebut, baru pertama kalinya dilaksanakan di Provinsi Jambi bahkan di jajaran BNN se-Indonesia. Menurutnya, kegiatan tersebut adalah sebagai wadah yang efektif untuk menyampaikan pesan tentang bahaya narkoba ditengah generasi muda melalui musik dan lagu serta sebagai wujud komitmen keseriusan BNN berperan melawan narkoba di Indonesia.

"Dalam festival ini, peserta yang tampil dipersyaratkan membawakan lagu dengan tema narkotika. Dengan demikian, kaum milenial ini akan mencari tahu apa itu narkotika, dan bagaimana bahayanya narkotika, dan diharapkan para peserta dapat mensosialisasikan bahaya narkotika melalui syair-syair yang dibawakan," jelas Kepala BNN Jambi itu.

Acara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada pemenang Festival Band antar Pelajar dan Mahasiswa se-Provinsi Jambi tersebut, yang dilakukan oleh Wali Kota Jambi, Wakapolda Jambi, dan Kepala BNN Provinsi Jambi.

Diakhir acara, dihadapan sejumlah awak media, Wali Kota Jambi dua periode itu, kembali menegaskan kembali komitmen dirinya beserta jajaran Pemkot Jambi dalam memberantas dan mencegah penyebaran, pemakaian dan penyalahgunaan narkoba di Kota Jambi.

"Kami benar-benar serius dalam upaya memberantas narkoba di wilayah Kota Jambi. Upaya besar kami tidak akan berhasil dengan baik tanpa peran masyarakat dan berbagai pihak, termasuk BNN, Kepolisian dan TNI. Memberantas Narkotika adalah tugas mulia bagi seluruh masyarakat, bagi kita semua. Oleh karenanya, kami akan terus mengajak dan melibatkan masyarakat untuk turut serta berperan dalam aksi ini.

Sebagai langkah awal, telah kami canangkan 5 kelurahan di Kecamatan Paal Merah, menjadi kelurahan percontohan yang bersih dari narkoba. Kedepan akan kita tingkatkan lagi, menyebar keseluruh kelurahan di Kota Jambi," terangnya.

Sebagaimana diketahui, dibawah pimpinan Wali Kota Syarif Fasha, sinergisitas jajaran Pemkot Jambi bersama Forkompimda dalam meminimalisir upaya peredaran narkoba di Kota Jambi, telah membuahkan hasil.

Sebut saja, upaya menetralisir kawasan Pulau Pandan, penutupan 2 lokalisasi besar di Kota Jambi, operasi rutin gabungan tempat hiburan malam, hingga membentuk Duta Pramuka Anti Narkoba di sekolah sebagai langkah preventif dan massif dalam rangka pemberantasan narkoba di Kota Jambi.

Reporter : Amril Hidayat
Editor     : Ikbal Ferdiyal

comments

Foto Lainnya