Muliakan Bulan Muharram, Wali Kota Jambi Semarakkan Dengan Syiar Agama


Kamis, 20 September 2018

JAMBI - Bulan Muharram yang mengawali tahun baru Islam 1440 Hijriyah, dirayakan dengan semarak di Kota Jambi.

Berbagai kegiatan bernuansa syiar agama Islam, dilaksanakan dengan penuh khidmat dan semarak, sebagai wujud rasa syukur umat muslim di Kota Jambi.

Semangat memuliakan bulan Muharram itu juga digalakkan oleh Pemerintah Kota Jambi.

Dibawah kepemimpinan Wali Kota DR. H. Syarif Fasha, ME, berbagai agenda kegiatan bernuansa Islami, telah disiapkan untuk turut menyemarakkan dan memuliakan bulan Muharram di Kota Jambi.

Wali Kota Fasha memulai rangkaian semarak Muharram 1440 H dengan menghadiri berbagai undangan pawai obor, aneka lomba bernuansakan Islami hingga tabligh yang digelar di berbagai sudut Kota Jambi.

Sementara itu pada Rabu malam lalu, Wali Kota Fasha menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-2 Tingkat Kecamatan Alam Barajo, yang berlangsung di Masjid Thoriqatul Jannah.

Acara tersebut turut di hadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M. For. Sc, Wakil Wali Kota Jambi terpilih yang juga sekaligus Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Jambi DR. dr. H. Maulana, MKM, Asisten III Sekda H. Obliyani, Kepala OPD, Camat, Lurah, serta tokoh agama dan masyarakat Mayang Mangurai.

Wali Kota Fasha dalam sambutannya, berharap dengan adanya MTQ tersebut, lahir Qori-qoriah terbaik dari kecamatan yang akan mengharumkan nama Pemkot Jambi, pada ajang MTQ Tingkat Provinsi maupun Nasional.

"MTQ yang dilaksanakan di setiap kecamatan memang menjadi program yang didukung penuh oleh Pemkot Jambi. Selain sebagai ajang silaturahim, MTQ ini juga bertujuan untuk memotivasi qori-qoriah dan anak-anak kita yang berprestasi dalam seni baca Al-Quran dan syiar Islam di setiap kecamatan dapat tampil menunjukkan prestasi dan kemampuan terbaiknya. InsyaAllah mereka dengan semangat yang tinggi, giat terus berlatih, tampil dengan kemampuan terbaik, hingga dapat mengharumkan nama Pemkot Jambi di ajang MTQ Tingkat Provinsi Jambi dan Nasional," Ujar Wali Kota Fasha.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Fasha turut mengapresiasi semangat dan kerjasama yang baik masyarakat dalam menyukseskan agenda tahunan Pemkot tersebut di setiap kecamatan.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah bergotong royong dengan penuh semangat dalam mensupport MTQ ini. MTQ ini tidak akan bisa diselenggarakan dengan meriah dan khidmat tanpa ada campur tangan masyarakat yang bahu membahu bergotong royong. Pemerintah tidak akan bisa membalas kebaikan ini, namun Allah lah yang akan membalas kebaikan umatnya yang berjuang mensyiarkan Al-Quran. Mari kita ramaikan dan semarakkan sampai penutupan nanti, kita berikan support kepada anak yang berlaga. Kepada Dewan Hakim kami titipkan agar dapat amanah, berlaku jujur dan adil," pungkas Fasha.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah Kota Jambi dibawah kepemimpinan Wali Kota H. Syarif Fasha, memberikan pemghargaan tinggi kepada para hafizh (penghafal Al-Quran). Wujud atensi Pemkot adalah dengan diangkatnya 80 oramg havidzh dan havidzah penghapal Al-Quran menjadi guru honorer/kontrak di Kota Jambi.

Mereka akan mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak pelajar di Sekolah Dasar dan SMP Negeri di Kota Jambi. Wali Kota Fasha pun menaruh harapan besar agar lahir para penghapal Al-Quran lulusan dari sekolah pemerintah.

Sementara, keesokan harinya, tepat pada tanggal 10 Muharram 1440 H, Kamis (20/9), bertempat di Mushalla Griya Mayang kediaman Dinas Wali Kota Jambi, Wali Kota Fasha memberikan santunan kepada seratusan anak yatim yang ada di Kota Jambi.

Santunan pribadi dari Wali Kota Fasha dan isteri Yuliana Fasha tersebut adalah wujud rasa syukur dan menjalankan sunnah Rasulullah untuk memuliakan anak yatim tepat di tanggal 10 Muharram.

"Memuliakan dan membahagiakan anak yatim adalah amalan yang sangat dianjurkan Rasulullah di bulan Muharram. Muharram adalah bulannya anak Yatim. Dengan membuat hati mereka bahagia bahkan tertawa, Allah akan membalas amal kebaikan itu dengan pahala kebaikan pula. Pemberian hadiah kepada anak yatim itu bukan bertujuan untuk meminta doa dari mereka, namun kewajiban kita membahagiakan hati mereka, terlebih memberikan sesuatu yang belum pernah mereka rasakan atau miliki," jelas Fasha.

Rasa bahagia pun tampak terpancar dimata anak-anak tersebut. Wali Kota Fasha pun tak bisa menutupi rasa harunya menyaksikan anak-anak tersebut makan bersama diselingi dengan canda tawa sesama mereka.

Wali Kota Fashapun mendoakan agar anak-anak tersebut tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah serta sukses dimasa depannya, sehingga dapat membahagiakan orang tua yang telah mendahului mereka.

 Penulis : Amril Hidayat

comments

Foto Lainnya