Wawako Maulana Pimpin Upacara Hari Pahlawan


Sabtu, 10 November 2018

Maulana : "Pahlawan masa kini adalah mereka yang mengabdi dan membawa manfaat bagi orang lain"

JAMBI - Wakil Wali Kota Jambi H. Maulana, MKM menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018, yang berlangsung Sabtu pagi di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi (10/11).

Upacara perdana yang berlangsung khidmat dipimpin oleh Wakil Wali Kota Maulana pasca dilantik beberapa waktu lalu itu diikuti unsur Forkompimda Kota Jambi, Jajaran OPD Pemkot Jambi, TNI-Polri, pelajar, organisasi masyarakat dan pemuda serta sejumlah veteran dan janda veteran pejuang kemerdekaan yang ada di Kota Jambi.

Upacara di awali dengan pengibaran Sang Merah Putih dan dilanjutkan dengan prosesi mengheningkan cipta selama 60 detik, tepat dimulai pada pukul 08.15 pagi.

Dalam upacara itu juga dilakukan pembacaan Pesan-pesan Pahlawan yang dibacakan oleh H. Kholil Ketua LVRI Provinsi Jambi.

Wakil Wali Kota Jambi H. Maulana dalam pidato tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia, menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

"Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna. Bukan hanya sebagai prosesi, namun subtansinya untuk menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Peringatan Hari Pahlawan juga harus menjadi energi dan semangat baru, dalam mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia," ujarnya.

Wawako Maulana menambahkan, sesuai dengan tema besar Hari Pahlawan tahun 2018, "Semangat Pahlawan Di Dadaku", mengandung makna bahwa sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

"Siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali, dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Pahlawan masa kini adalah mereka yang mengabdi dan membawa manfaat bagi orang lain. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri", terangnya.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan pemberian Tali Asih dari Pemerintah Kota Jambi kepada sejumlah veteran dan janda veteran pejuang yang ada di Kota Jambi, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.
Rangkaian peringatan Hari Pahlawan di Kota Jambi itu diakhiri dengan ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan Jambi, yaitu Raden Mattaher, yang berlokasi di Komplek Makam Raja Jambi di Tepian Danau Sipin Broni.

Tradisi baru Pemerintah Kota Jambi ini telah diinisiasi Wali Kota Syarif Fasha sejak tahun lalu. Tabur bunga di Makam Pahlawan Raden Mattaher, dilakukan sebagai wujud penghormatan pemerintah dan masyarakat Jambi akan nilai kejuangan dan pengorbanan pahlawan yang berasal dari Jambi tersebut. Wakil Wali Kota Jambi H. Maulana, pada kesempatan itu memimpin prosesi upacara tabur bunga yang diawali dengan penghormatan dan pembacaan doa bersama di makam pahlawan tersebut. 

Reporter: Amril Hidayat
Sumber : Humas Kota Jambi

comments

Foto Lainnya