Jumat, 23 Juli 2021

Pemprov Belum Ajukan Usulan CPNS

Kamis, 30 April 2015 | 14:30:54 WIB


ilustrasi
ilustrasi / ilustrasi

JAMBI – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan tenggat waktu hingga akhir April ini untuk mengajukan usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2015. Namun hingga kemarin, Rabu (29/4), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi belum juga mengajukan usulan.

Sesuai ketentuan, pemerintah daerah yang tidak mengusulkan kouta melalui e-formasi hingga akhir April ini, maka dianggap tidak mengusulkan penerimaan CPNS untuk tahun anggaran tersebut. Selain itu, tahun ini kuota CPNS ditentukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan daerah dan kemampuan keuangan daerah untuk membayar gaji pegawai.

Pemprov Jambi sendiri berpeluang besar mendapatkan kuota CPNS untuk tahun ini. Pasalnya, belanja pegawai pemprov saat ini tercatat tidak lebih dari 50 persen belanja langsung. Apalagi, belanja pegawai sendiri masih di bawah 50 persen dari belanja daerah. Sedangkan untuk belanja tidak langsung yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), lebih kecil dari belanja langsung.

Namun saat dikonfirmasi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Ambok Tuo, mengatakan sejauh ini belum ada petunjuk pelaksanaan (juklak) maupun petunjuk teknis (juknis) yang diberikan pemerintah pusat mengenai usulan formasi CPNS ini. “Kalau untuk struktur saya kira masih mencukupi. Kita hanya kurang pada tenaga teknis seperti kesehatan,” kata Ambok Tuo, Rabu (29/4).

Disebutkannya, tahun ini beberapa daerah memang mengusulkan tambahan CPNS. Namun ada pula yang tidak mengajukan, karena di akhir 2014 pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan moratorium (penghentian sementara) peneriman CPNS hingga 5 tahun ke depan.
Karenanya, pada saat penyusunan RAPBD 2015 ada daerah yang tidak mengusulkan anggaran untuk penerimaan CPNS.

“Karena anggarannya tidak tersedia, ada daerah yang tahun ini tidak mengusulkan tambahan CPNS,” ujarnya.

Ditambahkannya, beberapa daerah seperti Merangin maupun Kerinci, saat ini masih menyusun formasi yang akan diajukan pada Kemenpan RB untuk penerimaan CPNS 2015. Ambok Tuo mengaku belum mengetahui berapa formasi yang akan diusulkan.

“Kita belum tahu berapa jumlahnya, dan apa saja formasi yang dibutuhkan,” pungkasnya.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments

Berita lain di METROJAMBI.COM