Rabu, 22 September 2021

Keberadaan Pengemis di Bungo Diduga Terorganisir

Selasa, 05 Mei 2015 | 16:43:25 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Hardiyansyah

MUARA BUNGO - Akhir-akhir ini di Kota Muara Bungo, Kabupaten Bungo sering dijumpai pengemis yang meminta sumbangan untuk pembangunan rumah ibadah. Kuat dugaan keberadaan pengemis tersebut ada yang mengorganisirnya.

"Untuk pembangunan masjid Mas," ujar Sumi, salah seorang peminta-minta di Kota Muara Bungo saat dikonfirmasi. Sumi mengaku berasal dari Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Disebutkan Sumi, ia ke Muara Bungo tidak sendirian, melainkan bersama beberapa orang lainnya.

"Kami ada delapan orang, datang dari Dharmasraya. Kami kesini (Bungo, red) menyewa mobil dengan cara patungan. Sore (setelah meminta-minta, red) kami berkumpul kembali di suatu tempat menunggu jemputan," ungkap Sumi.

Namun Sumi membantah apa yang ia lakukan bersama beberapa orang lainnya telah terorganisir. Sumi dengan tegas mengatakan jika pekerjaan yang ia lakukan sudah sesuai aturan.

"Kami tidak sama dengan yang lain. Yang lain mungkin hanya modus saja. Tapi kalau kami benar," sebut Sumi.

Sementara itu Roni, salah satu tokoh pemuda Bungo mengatakan, ia pernah mendengar adanya indikasi pengemis di Bungo ada yang mengorganisir. Bahkan Roni mengaku pernah melihat secara langsung para peminta sumbangan berkumpul dan dijemput sebuah mobil.

"Saya pernah melihat mereka berkumpul dan dijemput mobil. Sepertinya kerja mereka memang ada yang mengkoordinir, dan mereka beroperasi dengan cara berpindah-pindah. Tidak hanya di Kabupaten Bungo, namun juga di kabupaten lain," ujarnya.


Penulis: Hamid
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments