Senin, 17 Mei 2021

Kerinci, Merangin dan Tebo Dapat Perhatian Serius


Rabu, 06 Mei 2015 | 22:33:24 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Net

JAMBI – Terkait akan dilaksanakannya Pilgub dan Pilkada serentak di Provinsi Jambi pada 9 Desember 2015 nanti, Polda Jambi telah melakukan pemetaan terhadap daerah yang dikategorikan rawan.

Kabupaten Kerinci, Merangin, dan Tebo merupakan tiga daerah yang dinilai perlu mendapatkan perhatian serius terkait pelaksanaan Pilgub dan Pilkada serentak. Bercermin pada pelaksanaan perta demokrasi sebelumnya, terjadi konflik di tiga daerah tersebut.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Bambang Sudarisman, mengatakan ketiga daerah tersebut dianggap sebagai daerah berpotensi konflik. Bambang mencontohkan, pada Pilbup Kerinci 2013 lalu terjadi bentrok antar tim sukses, yang mengakibatkan terjadinya pembakaran rumah warga. Sementara itu di Tebo, kata Bambang, terjadi pembakaran kotak suara.

Meski ketiga daerah tersebut dikategorikan rawan, namun Bambang mengatakan daerah lain tidak lantas diabaikan. Bambang mengatakan darah lainnya juga tetap mendapat perhatian.

Guna mengantisipasi terjadinya konflik saat Pilgub dan Pilkada serentak nanti, Bambang mengatakan persiapan perlu dilakukan sedini mungkin. Sosialisasi juga perlu dilakukan secara intens, sehingga masyarakat menjadi mengerti dan potensi konflik bisa diminimalisir.

“Kalau tahu aturan, pasti orang akan segan untuk melakukan (pelanggaran, red). Tapi kalau aturan itu tidak dipahami, tentu nanti akan ada pelanggaran yang dilakukan,” ujar Bambang saat ditemui usai diskusi join analysis dengan tema perspektif pemilihan gubernur, bupati, walikota serentak tahun 2015 di Provinsi Jambi, Rabu (6/5).




Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments