Jumat, 20 September 2019

Pilkades Serentak di 172 Desa Digelar 2016


Jumat, 08 Mei 2015 | 11:29:17 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

BANGKO - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Merangin yang seharusnya dilakukan tahun 2015 ini, batal diselenggarakan. Dengan berbagai pertimbangan, Pilkades akan digelar 2016 mendatang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masayarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Merangin, Marzuki Yahya, mengatakan Pilkades serentak dipastikan dilaksanakan 2016. "Tidak jadi Pilkades tahun ini (2015). Jadinya tahun depan," ujar Marzuki.

Dia mengatakan, yang menjadi dasar penundaan yakni belum adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pilkades Serentak. Sejauh ini pembahasannya belum rampung, meski rencana Peraturan Daerah (Raperda) sudah disampaikan ke DPRD.

"Masih menunggu Perda pemilihan serentak, sebab itu yang menjadi dasar pelaksaannya," kata Marzuki.

Mengenai waktu rampungnya Raperda, Marzuki tidak bisa memastikan. Mengingat saat ini sudah pertengahan tahun, dipastikan waktu sosialisasi Perda tersebut tak akan usai tahun 2015 ini. "Itu semua butuh waktu. Jika selesai dalam beberapa waktu ke depan, tidak juga terkejar dilaksanakan, karena butuh sosialisasi lagi,"ujarnya.

Ditambahkannya, Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang direncanakan pada Desember 2015 juga menjadi pertimbangan ditundanya pelaksanaan Pilkades serentak. "Untuk menjaga situasi ditengah masyarakat, agar tetap kondusif menjalelang Pilgub, juga menjadi pertimbangan kita," pungkasnya.


Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments