Selasa, 26 Oktober 2021

Daya Beli Masyarakat Melemah, Perolehan Pajak BBNKB Turun

Sabtu, 09 Mei 2015 | 11:11:38 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) saat ini menurun. Salah satu penyebabnya, yakni daya beli masyarakat Jambi yang melemah.

Hal ini dikatakan Kepala Dispenda Provinsi Jambi, Amir Sakib, saat dikonfirmasi. Namun sayanya, ia tidak menyebutkan jumlah penurunannya tersebut. Amir hanya mengatakan jumlah penurunannya tidak terlalu drastis.

“Itu pun masih bisa diimbangi Pajak Kendaraan Bermotor,” ujarnya.

Lebih lanjut Amir mengatakan, dari sejumlah PAD yang dipungut Samsat Jambi, hanya BBNKB yang menurun. Menurut Amir, hal ini dikarenakan pengaruh harga komoditi pertanian seperti karet dan sawit yang juga terus melemah.  “Termasuk sektor pertambangan, industri, dan lainnya,” bebernya.

Ditambahkannya, sebagian besar penduduk Jambi hidup dari sektor pertanian. Sehingga ketika harga pertanian, khususnya karet dan sawit melemah, maka akan sangat berpengaruh terhadap daya beli kendaraan oleh masyarakat. “Selain karena harganya murah, saat ini juga kita ketahui bersama di Jambi memasuki musim hujan, jadi ya jelas produksi getah yang dikeluarkan dari batang pohon karet berkurang. Tentunya daya beli masyarakat juga melemah," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments