Kamis, 23 September 2021

Usulan Wakilota Jambi Direspon Presiden

Kamis, 07 Mei 2015 | 22:12:05 WIB


Walikota Jambi saat mengikuti salah satu rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI.
Walikota Jambi saat mengikuti salah satu rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI. / Istimewa

JAMBI – Keikutsertaannya di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang digelar di Kota Ambi, Provinsi Maluku, 5-7 Mei 2015, benar-benar dimanfaatkan oleh Walikota Jambi, Sy Fasha.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 98 wakilota seluruh Indonesia tersebut, Fasha menyampaikan sejumlah usulan, seperti anggaran pemerintah pusat terkait infrastruktur agar bisa langsung didistribusikan ke daerah tanpa harus diparkir dulu di kementerian.

Selain itu, Fasha mengusulkan agar urusan infrastruktur seperti jalan, pasar, jembatan, terminal, dan lainnya yang dianggarkan melalui APBN, agar menjadi pekerjaan daerah. Usulan ini, kata Fasha, bukan tanpa alasan, karena daerah yang lebih tahu kebutuhannya. Selain itu, juga untuk efisiensi dan membantu tugas pemerintah pusat.

Ternyata, usulan yang disampaikan Fasha dalam kegiatan diskusi tersebut mendapat tanggapan dari Presiden Joko Widodo yang turut hadir dalam Rakernas APEKSI tersebut. Saat cara pembukaan rakernas, Ketua APEKSI menyampaikan beberapa usulan daerah kepada Presiden Jokowi, termasuk usulan Walikota Jambi, Sy Fasha, yang ternyata mendapat respon.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, prioritas pembangunan di daerah harus ditujukan kepada pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, pasar, dan pelabuhan. Oleh karenanya untuk mendukung daerah pada tahun 2016 Presiden berjanji pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran Rp 100 miliar untuk daerah.

Reporter : Amril Hidayat


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments