Jumat, 23 Juli 2021

Rosmansyah Kembalikan Uang Rp 250 Juta

Sabtu, 09 Mei 2015 | 10:56:12 WIB


KEMBALIKAN UANG: Mantan Sekwan (Sekretaris Dewan) Kota Jambi, Rosmansyah, yang diperiksa kemarin (8/5) sekaligus menyerahkan uang sebesar 250 juta rupiah
KEMBALIKAN UANG: Mantan Sekwan (Sekretaris Dewan) Kota Jambi, Rosmansyah, yang diperiksa kemarin (8/5) sekaligus menyerahkan uang sebesar 250 juta rupiah / Sahrial

JAMBI - Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Jambi, Rosmansyah, Jumat (8/5), diperiksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi. Ini merupakan pemeriksaan pertamanya sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dalam penggunaan dana bimbingan teknis (bintek) DPRD Kota tahun 2014.

Sama dengan tersangka lain, Jumisar, pada pemeriksaan pertamanya Rosmansyah juga mengembalikan uang yang diduga menjadi kerugian negara. Jika Jumisar mengembalikan uang sebesar Rp 180 juta, Rosmansyah selaku Pengguna Anggaran (PA) mengembalikan senilai Rp 250 juta.

Uang tersebut dititipkan Rosmansyah kepada penyidik Kejati Jambi sebagai uang jaminan pengganti kerugian negara, yang selanjutnya akan ditipkan ke Bank Indonesia (BI).

Kasi Penyidikan Kejati Jambi, Imran Yusuf, mengatakan pengembalian uang ini atas inisiatif tersangka sendiri. "Tersangka menitipkan uang kerugian negara sebesar Rp 250 juta. Uang ini dititipkan tersangka atas inisiatipnya sendiri," kata Imran.

Lebih lanjut Imran mengatakan, uang yang telah dititipkan Rosmansyah tersebut kini berstatus barang sitaan oleh penyidik Kejati Jambi, yang selanjutnya akan dititipkan kepada Bank BI melalui rekening khusus Kejati, yang nantinya akan dipergunakan saat proses penuntutan.

“Jadi total uang yang telah di serahkan kedua tersangka ke penyidik Kejati senilai Rp 430 juta,” ujarnya.

Disebutkan Imran, pengembalian kerugian negara oleh para tersangka ini tidak akan mempengaruhi proses hukum yang sedang berjalan. Namun akan menjadi pertimbangan dalam persidangan nanti. “Proses hukumnya tetap jalan," pungkasnya.



Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments