Selasa, 17 Mei 2022

Hutan Kota akan Dijadikan Kebun Binatang Mini

Senin, 18 Mei 2015 | 10:54:34 WIB


Hutan Kota Jambi
Hutan Kota Jambi / jambikota.go.id

JAMBI - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan Hutan Kota HM Sabki sebagai area terbuka hijau. Bahkan taman hutan kota tersebut direncanakan akan dikembangkan untuk dijadikan kebun binatang.

Walikota Jambi, Sy Fasha, mengatakan saat ini Pemkot Jambi telah menyiapkan masterplan terkait pengembangan hutan kota. Nantinya, kata Fasha, di kawasan hutan kota yang luasnya 10 hektar tersebut, sebagian akan dimanfaatkan untuk kebun binatang mini.

"Sekitar tiga hektar untuk kebun binatang mini," kata Fasha.

Ditambahkan Fasha, nantinya akan ditempatkan rusa, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin datang ke hutan kota. Sementara itu untuk pembangunannya, Fasha mengatakan akan dilakukan secara bertahap dan akan dianggarkan setiap tahunnya.

"Mengingat keterbatasan anggaran, jadi akan dianggarkan setiap tahun atau di bangun bertahap," tukasnya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), menilai hutan kota saat ini layak untuk dimekarkan. Menurut HBA, masih banyak lahan sekitar yang bisa dialihkan, namun kembali lagi anggaran akan menjadi kendala.

Karena itu, kata HBA, Pemerintah Provinsi Jambi akan berupaya untuk membantu dengan dana sharing. "Ini sudah layak dikembangkan, di luar masih banyak juga lahan yang dimanfaatkan. Nanti soal dana kita lihat dulu, akan kita bantu dengan sharing dana," sebut HBA.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments