Kamis, 1 Oktober 2020

Jelang Pilgub Jambi, Berpeluang Muncul Poros Baru


Senin, 18 Mei 2015 | 23:50:52 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / DOK/Metrojambi.com

JAMBI – Jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi Desember mendatang, sejauh ini baru ada dua poros utama yang terus menggalang kekuatan, yakni poros Hasan Basri Agus (HBA) dan poros Zumi Zola.

Namun masih berpeluang munculnya poros baru di luar kedua poros yang disebut-sebut sebagai poros kuat di perebutan BH 1 tersebut.

Seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya. Meski sudah menyatakan dukungan ke Zumi Zola yang merupakan putra mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin, namun partai yang kental dengan Nahdliyin ini masih berpeluang mengusung kandidat baru, baik itu dari internal maupun eksternal partai.

Hal ini seperti dikatakan Sekretaris DPW PKB Provinsi Jambi, Tadjuddin Hasan, pada sejumlah wartawan di DPRD Provinsi Jambi. “Saya setuju (muncul poros baru, red). Kitakan harus yakin, semua partai punya basis. Kalau tuhan menghendaki semuanya punya kans,” ujar Tadjuddin, Senin (18/5).

Apalagi nama yang muncul dari internal PKB untuk maju di Pilgub Jambi nanti itu merupakan kader internal, seperti Sofyan Ali, yang notabene merupakan Ketua DPW PKB Provinsi Jambi. “Saya tidak menganjurkan, tetapi punya kans, kan mereka jadi dewan inikan ada basis, tinggal lagi bagaimana mesin politik bekerja. Itu bisa saja terjadi,” sebut Tadjuddin.

Meski demikian, diakuinya DPP PKB telah memutuskan untuk mendukung Zola. Untuk itu, DPW dan jajaran harus mengamankan SK tersebut, dan SK-nya bukan terbit begitu saja tetapi memakan waktu dan proses.

“Itu ranah DPP semua, kami hanya diminta berapa kandidat yang muncul, kami hanya mengantar. Tetapi tidak punya wilayah, menimbang, mengingat dan memutuskan, semua ranah DPP,” pungkasnya.



Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments