Minggu, 9 Agustus 2020

Profesor di Taiwan Temukan Jarum Suntik Antirasa Sakit


Selasa, 19 Mei 2015 | 11:15:04 WIB


Profesor di Taiwan Temukan Jarum Suntik Antirasa Sakit.
Profesor di Taiwan Temukan Jarum Suntik Antirasa Sakit. / CNA

ANDA takut disuntik karena merasakan sakit? Jika iya, ke depan Anda tidak perlu takut lagi. Sebab, seorang profesor di Taiwan baru saja meluncurkan jarum dengan lapisan tipis dari kaca logam yang diklaim akan meringankan rasa sakit disuntik dalam berbagai aplikasi medis di masa depan.

"Lapisan tipis kaca logam dapat mengurangi gesekan antara jarum dan kulit dengan 80 persen dan dengan demikian mengurangi rasa sakit," kata Chu jin, profesor dari Departemen Ilmu dan Teknik Material di National Taiwan University of Science and Technology dilansir focustaiwan.tw.

Kaca logam juga dapat melindungi jarum dari keausan. Percobaan menemukan bahwa jarum dilapisi dengan kaca logam tidak berubah tumpul bahkan setelah digunakan 10 kali, kata Profesor Chu.

"Saat ini, pelumas biasanya digunakan untuk mengurangi gesekan jarum ditujukan untuk penggunaan satu kali, tetapi metode tersebut tidak ideal untuk jarum yang akan digunakan beberapa kali," katanya.

Logam berlapis kaca jarum ideal untuk digunakan lebih dari sekali, seperti untuk mikro-kosmetik bedah, anestesi dan jahitan bedah. Profesor Chu memprediksi, jarum suntik antirasa sakit temuannya itu dapat dipasarkan setelah dua sampai tiga tahun pengujian pada manusia.


Penulis: ris/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN

TAGS:


comments