Senin, 9 Desember 2019

Gubernur: Kualitas SDM Harus Diprioritaskan Dalam Pembangunan


Sabtu, 02 Mei 2015 | 14:10:20 WIB


Mendiknas, Anies Baswedan bersama Gubernur Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus pada salah satu kesempatan.
Mendiknas, Anies Baswedan bersama Gubernur Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus pada salah satu kesempatan. / Humas Provinsi Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), mengatakan bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus diprioritaskan dalam pembangunan. Hal ini dikatakan HBA usai peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2015 di lapangan kantor Gubernur Jambi, Sabtu (2/5).

Dikatakan HBA, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Republik Indonesia, Anis Baswedan, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan beberapa penekanan. Pertama, masalah pendidikan bukan hanya masalah pemerintah saja, tetapi masalah bagi semua komponen masyarakat.

"Pemerintah harus terlibat, swasta harus terlibat, termasuk orangtua murid juga harus terlibat. Itu yang paling penting harus disadari," ujar HBA.

Kedua, lanjut HBA, pada zaman perjuangan dulu banyak tokoh yang baru menyelesaikan pendidikan di luar negeri, lalu kembali ke Indonesia dengan motivasi dan inovasi. Mereka berani untuk menentang penjajah dan menginisiasikan kemerdekaan.

"Oleh sebab itu, jiwa patriotisme pada generasi dulu, juga harus ditanamkan pada generasi kita yang sekarang dan yang akan datang," lanjut HBA.

Terakhir, kata HBA, Menteri Pendidikan juga mengingatkan agar kita jangan membanggakan dini. Dikatakan HBA, kita punya Sumber Daya Alam (SDA)yang besar, maka kualitas SDM untuk mengolahnya harus ditingkatkan.

"Yang paling utama adalah sumber daya manusia yang harus kita prioritaskan dalam pembangunan. Oleh sebab itu, bagi Jambi, sumber daya manusia merupakan prioritas utama kita," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments