Kamis, 18 Agustus 2022

Terbukti Buang Limbang ke Sungai, PT DAS Bakal Dipidanakan

Rabu, 20 Mei 2015 | 14:42:33 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KUALA TUNGKAL - Air Sungai Tutuhan di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbarat) saat ini ditenggarai tercemar limbah dari PT DAS. Terkait hal ini, pihak perusahaan telah bersedia memberikan kompensasi bagi empat desa yang sungainya tercemar limbah.

Namun permasalahan tidak lantas selesai. PT DAS tetap bakal dipidanakan jika terbukti membuang limbah ke sungai secara sengaja. Ini seperti dikatakan Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Tanjabbar, Hamzah, saat dikonfirmasi.

"Kita sudah menurunkan tim untuk mengecek pencemaran limbah tersebut," kata Hamzah.

Disebutkan Hamzah, izin yang diberikan kepada PT DAS terkait pembuangan limbah adalah berupa line aplikasi yang ditransfer ke kebun, bukannya dibuang ke sungai. "Kita akan lihat dulu, mungkin saja ada kebocoran sehingga menyebabkan limbahnya lari ke sungai," sebutnya.

Lebih lanjut Hamzah mengatakan, jika nantinya ditemukan adanya unsur kesengajaan, maka PT DAS bisa saja dipidanakan. Jika pun tidak disengaja, Hamzah mengatakan pihaknya tetap akan memberikan sanksi administrasi kepada PT DAS terkait limbah yang mencemari sungai tersebut.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments