Senin, 18 November 2019

Ingin Tahu Beras Plastik atau Bukan? Begini Caranya


Kamis, 21 Mei 2015 | 15:20:03 WIB


Hasil masakan beras yang diduga berbahan baku plastik yang berwarna putih bersih dan menggumpal setelah menjadi nasi. Bila dipegang, terasa lembek tapi kenyal.
Hasil masakan beras yang diduga berbahan baku plastik yang berwarna putih bersih dan menggumpal setelah menjadi nasi. Bila dipegang, terasa lembek tapi kenyal. / Ariesant/Radar Bekasi/JPNN

JAKARTA- Masyarakat Indonesia kini harus lebih berhati-hati saat membeli beras. Pasalnya, kini ada beras plastik yang beredar di pasar. Namun, ada cara mudah untuk mendeteksi keaslian beras.

"Cara mengujinya sederhana. Bakar sampel beras tersebut, lihat hasilnya apakah meleleh atau tidak. Jika meleleh itu berarti beras palsu," kata Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel di Jakarta, Rabu (20/5).

Gobel meminta masyarakat juga turun tangan langsung dalam melakukan pengawasan. Dia mengimbau masyarakat segera melapor jika menemukan beras dengan tampilan aneh.

Gobel yakin, cara itu akan mempersempit ruang gerak pengedar beras palsu tersebut. "(Masyarakat) segera lapor, kalau ada laporan saya akan cek langsung," tandas menteri sekaligus pengusaha itu.


Penulis: chi/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments