Rabu, 25 November 2020

Gubernur: Didik Anak dengan Dasar Agama


Minggu, 17 Mei 2015 | 23:29:33 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Pemberantasan buta aksara Alquran di Provinsi Jambi terus didengungkan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus. Untuk itu, ia meminta para orangtua agar mendidik anak dengan dasar agama yang kuat.

Pernyataan ini disampaikan HBA saat Haflah ke-19 Pondok Pesantren Nurul Iman, Desa Muara Sebapo, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (16/5) malam. HBA mengungkapkan, dalam satu tahun kepemimpinannya sebagai Gubernur Jambi (tahun 2011, red), dia menginstruksikan untuk melakukan survei terhadap anak-anak SD yang buta aksara Alquran.

Dari survei tersebut didapat data bahwa 35 ribu lebih anak Sekolah Dasar (SD) di Provinsi Jambi tidak bisa baca Alquran. Data itu kemudian diserahkan ke para bupati/walikota se-Provinsi Jambi, dengan tujuan untuk memberantas buta aksara Alquran.

“Sekarang, data terakhir dari Kementerian Agama (Provinsi Jambi), tinggal lima ribu lebih yang buta aksara Alquran di Jambi," ujar HBA.

“Wisuda hafiz dan hafizah malam ini merupakan salah satu jawaban terhadap permasalahan buta aksara Alquran,” ujarnya lagi.

Hal yang sama dikatakan HBA saat menghadiri Tahfadzul Quran, di Pondok Pesantren Al-Azizy, Kabupaten Tebo, Jumat (15/5). HBA mengatakan, dengan adanya pondok pesantren hafal AlQuran, dirinya sangat bangga dan senang, karena dapat membantu program pemerintah Provinsi Jambi dalam memberantas buta aksara Alquran, serta juga memperbaiki ahklak generasi mendatang.




Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments