Jumat, 27 November 2020

Tahun Depan Pengumuman Kelulusan UN Tidak Dilakukan Terbuka


Senin, 18 Mei 2015 | 16:08:01 WIB


Siswa-siswi SMA 5 Kota Jambi merayakan kelulusan.
Siswa-siswi SMA 5 Kota Jambi merayakan kelulusan. / Istimewa

JAMBI - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmad Derita, mengatakan tahun depan pihaknya tidak lagi akan mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) secara terbuka seperti tahun ini. Dikatakan Rahmad, ini untuk menghindari aksi coret-coret dan konvoi kendaraan bermotor usai pengumuman UN.

"Tahun depan saya tidak lakukan lagi pengumuman terbuka model ini. Dan kemudian siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk melihat pengumuman," ujar Rahmad, Senin (18/5).

Lebih lanjut Rahmad mengatakan, sebelum pengumuman hasil UN tersebut dilakukan pihaknya akan mencoba untuk mengumpulkan semua kepala sekolah dan pihak kepolisian serta Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

"Kita akan coba itu, kepala sekolah bersama dengan dinas pendidikan dan pihak kepolisian akan duduk bersama terlebih dahulu sebelum mengumumkan hasil UN," jelasnya.

Hal tersebut dilakukannya karena saat ini yang menentukan lulus atau tidak lulusnya siswa adalah pihak sekolah, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi tidak mengetahuinya.

"Jadi sebelum diumumkan kita harus koordinasikan dulu bagaimana mekanisme pengumumannya," ujarnya.

Seharusnya, lanjut Rahmad, dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, pengumuman hasil UN tidak mesti harus berkumpul di sekolah.

"Nanti kita buat web masing-masing atau siswa dikirimi lewat SMS hasil UN nya," pungkasnya.



Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments