Sabtu, 12 Juni 2021

Serapan APBD Provinsi Masih Minim

Rabu, 27 Mei 2015 | 13:17:54 WIB


Sekda Provinsi Jambi, Ridham Priskap
Sekda Provinsi Jambi, Ridham Priskap / Humas Provinsi Jambi

JAMBI – Serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi tahun 2015 ini masih sangat minim. Dikabarkan angkanya masih bekisar 10 persen saja. Masih rendahnya serapan anggaran tersebut dikhawatirkan akan membuat pembangunan tersendat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ridham Priskap, mengakui jika saat ini serapan anggaran di SKPD masih kecil. "Palingan saat ini SKPD baru mencairkan uang muka kerja. Kisaran 10 persen,” ujar Ridham.

Persoalan lain, sebut Ridham, di triwulan kedua ini biasanya baru dilakukan proses lelang ataupun tender kegiatan di masing-masing SKPD.

Namun demikian, Ridham membantah jika rendahnya serapan anggaran ini dikarenakan faktor defisit anggaran yang dialami oleh Pemprov Jambi. Bahkan, kabar SKPD harus memilah kegiatan fisik mana yang harus diprioritaskan dan ada yang ditunda atau dihilangkan, juga dibantahnya.

“Karena masih proses lelang, dan kegiatan baru akan dimulai. Jadi memang serapan anggarannya masih minim,” ujarnya.

Lebih lanjut Ridham mengatakan, nanti pada saat-saat akhir baru serapan anggaran di masing-masing SKPD akan terlihat. Karena pada tahap akhir tersebut biasanya sudah selesai pelaksanaan pekerjaan dan telah dilakukan serah terima pekerjaan dari rekanan ke Pemprov.

"Di saat-saat akhir itu baru terasa dan besar serapan anggarannya, karena dilakukan pembayaran kegiatan fisik yang telah selesai dikerjakan," pungkasnya.



Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments