Selasa, 19 November 2019

Berjalan 2 Menit Bermanfaat untuk Memulihkan Efek Duduk


Jumat, 29 Mei 2015 | 16:22:12 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JANGAN lama-lama duduk tanpa diselingi berdiri atau sekadar berjalan sebentar. Penelitian terbaru menunjukkan manfaat berdiri dan berjalan selama dua menit setiap jam untuk membantu membalikkan efek kesehatan negatif akibat duduk berkepanjangan.


Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa duduk untuk waktu lama setiap hari bisa meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan. Misalnya, penyakit jantung, diabetes dan kematian dini.

Para ahli pun menyarankan orang dewasa untuk melakukan setidaknya 2,5 jam aktivitas fisik moderat setiap minggu. "Studi kami menunjukkan bahwa perubahan kecil bisa memiliki dampak besar," kata peneliti senior Tom Greene, seperti dilansir laman Health belum lama ini.

Penelitian ini menggunakan data dari lebih dari 3.200 orang yang berpartisipasi dalam National Health AS dan Nutrition Examination Survey. Para peneliti kemudian membandingkan manfaat kesehatan dari berbagai kegiatan intensitas rendah seperti berdiri dengan kegiatan intensitas ringan misalnya berjalan.

Studi ini menemukan bahwa berdiri saja mungkin tidak cukup untuk mengimbangi bahaya duduk terlalu lama. Namun,   melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki, bersih-bersih dan berkebun, ternyata bisa meningkatkan umur seseorang.

"Menarik untuk melihat bahwa aktivitas ringan sekalipun memiliki asosiasi dengan kematian yang lebih rendah," kata pemimpin studi, Dr. Srinivasan Beddhu.

"Berdasarkan hasil ini, kami merekomendasikan agar Anda berjalan dua menit setiap jam dan dikombinasikan dengan kegiatan normal Anda yang harus mencakup 2,5 jam latihan moderat setiap minggu," pungkas Beddhu.


Penulis: fny/jpnn
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN

TAGS:


comments