Rabu, 3 Maret 2021

Kisah Pilu Bekas Ratu Ayu yang Jadi Gembel dan Meninggal di Jalanan


Sabtu, 23 Mei 2015 | 13:14:53 WIB


Damarys Ruiz Mantan Miss Sucre, Salah satu negara bagian di Venezuela.
Damarys Ruiz Mantan Miss Sucre, Salah satu negara bagian di Venezuela. / JPNN

CARACAS - Nasib Damarys Ruiz tak seindah parasnya. Sempat tenar di usia 26 tahun karena terpilih menjadi Miss Sucre, salah satu negara bagian Venezuela, kini Ruiz menjadi seorang gembel yang hidup di jalanan. Setelah 15 tahun menggelandang, sarjana hukum itu akhirnya meninggal di jalanan.

Pekan ini tubuh renta Ruiz ditemukan tak bernyawa di sebuah taman di Kota Caracas. Ironisnya, tidak ada seorang pun yang mengenali jasad mantan ratu kecantikan tersebut.

Bahkan, tidak ada satu pun keluarga yang datang ke rumah sakit untuk mengidentifikasi mayat perempuan 68 tahun itu. ''Belum ada yang mengambil jasadnya,'' kata petugas rumah sakit sebagaimana dikutip Daily Mail kemarin (22/5).

Rosalba Gomes, teman Ruiz selama dua tahun terakhir, menyebut lajang berambut panjang itu sebagai perempuan yang cantik luar dalam. ''Dia adalah teman tua saya yang imut dan menyenangkan. Dia baik hati, berpengetahuan luas, dan cakap berbicara,'' tuturnya.

Sebelum mengikuti kompetisi ratu ayu di tanah kelahirannya pada 1973, Ruiz adalah seorang pengacara.

Namun beberapa tahun kemudian dia memutuskan untuk meninggalkan profesinya di bidang hukum. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dia menjual barang kerajinan yang dibuatnya. Perhiasan-perhiasan miliknya juga dilego.

Ruiz pun tinggal bersama kakak laki-lakinya. Namun sang kakak dikenal sebagai sosok yang mengekangnya. Kata Gomes, kakak Ruiz adalah pencemburu dan tidak memberikan kebebasan apapaun kepada adiknya.

Hingga suatu saat, tepatnya 15 tahun yang lalu, Ruiz berhasil melarikan diri dari rumah sang kakak. Mulai saat itulah dia hidup di jalanan dan menjadi gembel.

'Pekan ini saya berjumpa dengan dia dua atau tiga kali. Kami bercakap-cakap cukup lama. Saya suka mendengarkan dia bercerita tentang banyak hal. Termasuk humor dan kisah pilu kehidupannya,'' papar Gomes.

Sejak 2000 Ruiz menjadi gelandangan yang tidur di jalanan dan taman kota. Tetapi, dia kembali mendapatkan kebebasan yang selama ini direnggut kakaknya.


Penulis: dailymail/hep/c19/ami/mas
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: JPNN

TAGS:


comments