Jumat, 22 November 2019

KPU-Bawaslu Minta Anggaran Pilkada Segera Dicairkan


Rabu, 03 Juni 2015 | 10:24:10 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Meski penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) telah dilakukan antara lembaga penyelenggara dan Pemprov Jambi, namun anggaran untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 9 Desember mendatang belum juga dicairkan.

Lembaga penyelenggara baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk segera mencairkan anggaran yang telah disepakati. Pasalnya hinggga kini lembaga penyelenggara ini telah memulai tahapan dengan perekrutan lembaga tingkat kecamatan, baik PPK maupun Panwascam.

Untuk diketahui, selain anggaran Pilgub, anggaran untuk tiga kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak, yakni Bungo, Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), dan Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) juga belum dicairkan. Padahal KPU RI telah meminta agar segera dicairkan paling lambat hari ini (3/6).

Ketua KPU Provinsi Jambi, Subhan, mengatakan pihaknya sudah mengajukan pencairan dana melalui NPHD yang telah ditandatangani pada Mei lalu. Namun hingga saat ini anggaran Pilkada sebesar Rp 101 miliar tersebut belum juga cair.

"Kita minta pada pemerintah agar segera mencairkan anggaran, karena tahapan Pilkada telah dimulai," ujarnya.

Bawaslu Provinsi Jambi pun masih terkendala anggaran. Padahal, Bawaslu juga sudah menandatangani NPHD dengan gubernur. Selain itu, Bawaslu juga sudah menyiapkan administrasi yang diharapkan.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Fauzan Khairazi, mengatakan pihaknya masih memikirkan jalan keluar bagaimana agar anggaran tersebut dicairkan. Selain itu, Fauzan menyebutkan untuk memenuhi kebutuhan pihaknya melakukan pinjaman ke berbagai pihak.

"Kita saja masih ngutang sana ngutang sini," ujar Fauzan.

Selain anggaran di provinsi, Panwas Tanjabbar mengalami persoalan paling sulit, hingga kini NPHD belum juga ditandatangani. "Tanjabbar belum juga teken NPHD, itu yang kita pikirkan," katanya.

Fauzan meminta pemerintah untuk segera mencairkan anggaran tersebut. Karena pihaknya akan melakukan tahapan selanjutnya untuk pengawasan.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ridham Priskap, mengatakan anggaran untuk pelaksanaan Pilgub tinggal mencairkan saja dari Pemprov Jambi ke KPU.

"Tidak ada masalah anggaran itu, tinggal pencairan saja, prosesnya sudah selesai, tinggal dicairkan," kata Ridham.



Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments