Jumat, 4 Desember 2020

Alamak, 14 Anggota Linmas Ini Kerja Tidak Digaji


Rabu, 03 Juni 2015 | 21:34:37 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

BANGKO – Sebanyak 14 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang saat ini tergabung pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Merangin, benar-benar mengabdi secara sukarela. Meski masuk setiap hari kerja, namun tidak ada imbalan gaji yang mereka dapatkan.

Ke-14 anggota Linmas tersebut merupakan Tenaga Kerja Sukarela (TKS). Menurut informasi, selama setahun ini dipastikan mereka tidak mendapatkan honor dari pihak Satpol PP Merangin tempat mereka bernaung.

Kasat Pol PP Merangin, Alamsyah, saat dikonfirmasi membenarkan tidak adaanya anggaran honor untuk 14 anggota Linmas tersebut. “Saat ini saya belum tahu persis seperti apa pelimpahannya dari Kesbangpol, karena baru dilantik. Yang jelas (honor Linmas, red) kalau untuk dianggarkan di Anggaran Belanja Tambahan (ABT), itu gak mungkin," ungkap Alamsyah, Rabu (3/6).

Dijelaskannya, ABT tidak boleh diperuntukan untuk pembayaran honor, apa lagi TKS. Dana yang dianggarkan dalam ABT hanya diperuntukan bagi kekurangan belanja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) awal.

“Kalau untuk bayar gaji honor TKS menggunakan ABT tidak dibenarkan. Kegunaan dana itu hanya untuk menutupi kekurangan belanja awal," terangnya.

Dia memastikan, untuk tahun 2015 ini pihaknya tidak bisa memastikan apakah 14 anggota Linmas tersebut akan mendapat honor atau tidak. “Kalau untuk tahun ini, kami belum bisa memastikan membayar TKS. Kalau tahun depan bisa kita anggarkan," tandasnya.

Sementara itu salah seorang anggota Linmas yang kini jadi anggota Satpol PP mengatakan, mereka pernah dijanjikan jika gaji mereka dibayar bulan September nanti. “Katanya gaji kami dirapel bulan sembilan (September, red) nanti. Itu makanya kami tetap masuk kerja," ujarnya.

“Kalau tahu tidak ada gaji untuk apa kami masuk setiap hari. Sementara kami punya keluarga di rumah," pungkasnya.




Penulis: Riki Saputra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments